Kemendag Bantu Pelaku Usaha Garap Pasar di Afrika

Wednesday 3 Jul 2013, 6 : 37 pm
by

JAKARTA – Pesatnya laju pertumbuhan ekonomi dan tingginya tingkat konsumsi penduduk di negara-negara Afrika merupakan peluang yang perlu digarap dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha Indonesia.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami usai penandatanganan kesepakatan bisnis antara PT. Visi Karya Agritama (AgriVision) dan CV. Tirta Ayu Spa dengan Association Exchanges Indonesia-Cameroon di kantor Kemendag, Rabu (4/7).

Menurut Gusmardi,  kerja sama yang berhasil difasilitasi oleh Ditjen PEN ini merupakan wujud nyata upaya para pelaku usaha dalam negeri menembus pasar non tradisional di Afrika dengan menjadikan Kamerun sebagai salah satu pintu masuk ke negara-negara di kawasan Afrika Barat seperti Chad, Kongo dan Gabon.

Baca juga :  Resmikan 1.014 BLK Komunitas, Wapres: Kembangkan Pelatihan Sesuai Kebutuhan Pasar dan Industri

PT. Visi Karya Agritama adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis pupuk dan energi ramah lingkungan. Perusahaan ini telah menandatangani naskah kesepakatan untuk memasok pupuk organik ke pasar Kamerun.

“Keberhasilan yang diraih oleh PT. Visi Karya Agritama tersebut tidak lepas dari peran serta Kemendag, melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos, Nigeria. Kemendag memfasilitasi PT. Visi Karya Agritama untuk melakukan kontak dagang dengan beberapa buyers saat perusahaan tersebut melakukan promosi pemasaran ke Nigeria pada tahun 2011,” jelas Dirjen PEN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ketua KPK Firli Bahuri : Aku Ora Ngapusi

JAKARTA-Disambut dengan tepukan ratusan wartawan dan para hadirin yang memadati

Kejagung Limpahkan Barang Bukti dan Tersangka Kasus Asabri ke JPU

JAKARTA-Kejaksaan Agung (Kejagung) melimpahkan barang bukti dan tujuh tersangka kasus