Kemendag Gelar Pasar Murah di 1.700 Titik

Sunday 30 Nov 2014, 4 : 49 pm
by

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pasar murah guna meringankan sebagian beban masyarakat. Pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian Kemendag terhadap masyarakat pra sejahtera.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menegaskan kegiatan Pasar Murah ini merupakan hasil kerjasama antara Kemendag dengan Artha Graha Peduli (AGP).Peluncuran perdana kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Mendag Rahcmat Gobel di Kantor Kemendag, Jakarta, Minggu (30/11).

Turut hadir dalam pembukaan Pasar Murah tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi. “Pasar murah terselenggara sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Kemendag dan Artha Graha Peduli dalam menyediakan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” ujar Mendag.

Sekitar 1.300 paket sembako senilai Rp 60.000 yang berisi 2 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kaleng susu kental manis, dan 3 bungkus mi instan akan dijual seharga Rp 25.000,- per paket. Sasaran pembeli paket tersebut yaitu masyarakat pra sejahtera di 12 kelurahan sekitar kantor Kemendag.

Mekanisme penjualan barang pada pasar murah di Kemendag ini menggunakan kupon agar tepat sasaran.

Pelaksanaan pasar murah di Kemendag merupakan pembuka rangkaian pasar murah di tujuh lokasi di wilayah DKI Jakarta. Dalam pasar murah tersebut akan dilakukan kick off mobil paket untuk didistribusikan ke delapan lokasi tersebut yaitu lingkungan Hotel Borobudur, lingkungan dok kapal Tanjung Priok, Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Kawasan SCBD, Petogogan, Jalan Matraman, dan Jalan Praja Jakarta Selatan.

Mendag juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Artha Graha Peduli yang telah bersedia menyelenggarakan pasar murah di beberapa tempat, ”Dengan kerja sama dan niat yang baik, kami yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan,” tutur Mendag.

Kepala Pusat Humas Kemendag Ani Mulyati mengatakan, Kemendag juga akan menggelar pasar murah di berbagai lokasi di Indonesia. Hal terkait dengan perayaan hari besar keagamaan.”Sampai dengan 31 Desember Kemendag akan menggelar pasar murah di Manado, Ambon dan Medan dlm rangka hari besar keagamaan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia AGP, Anas Latief mangatakan, kegiatan yang dilakukan AGP untuk membantu pemerintah dalam memperluas jaringan bantuan sosial. Apalagi belum lama ini ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang melemahkan daya beli masyarakat, terutama masyarakat miskin.

AGP sendiri jelasnya ikut ambil bagian di 1700 titik pasar murah yang tersebar di Indonesia dan berlangsung hingga akhir tahun.”Pasar Murah Sembako telah menjadi salah satu program utama Yayasan Artha Graha Peduli. Sebelum ada acara ini, kami sudah pernah melakukan penjualan beras murah setiap hari jumat untuk warga disekitar kantor AG,” kata Anas.

Setiap orang yang telah menerima kupon, lanjut Anas akan mendapatkan satu buah paket sembako murah seharga Rp60 ribu yang hanya dibeli seharga Rp25 ribu. Bahan pokok yang dijual dalam sembako murah antara lain beras, susu, minyak, dan mi instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

bisnis model BBRI, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan PT Pegadaian (Persero) akan menciptakan banyak transaksi afiliasi yang bersifat material dengan benturan kepentingan.

Tegakkan Hukum Pasar Modal, OJK Terapkan Aturan Disgorgement

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan untuk menerbitkan aturan mengenai pengembalian

Habaib Jatim Deklarasi Dukung KH Maruf Amien

SITUBONDO-Para keturunan Nabi Muhammad SAW yang akrab disebut habaib di