Kemendag Hibahkan 119 Unit Pasar

Thursday 16 May 2013, 5 : 16 pm
by

JAKARTA- Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (DPN) menyerahkan sebanyak 119 unit pasar kepada 69 Kabupaten/Kota. Penyerahan bangunan pasar (hibah) merupakan upaya penyerahan aset milik pemerintah pusat yang dipindahtangankan kepada pemerintah daerah agar dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Barang Milik Negara merupakan semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja negara yang dikelola bukan hanya proses administrasi semata, tetapi  juga harus dipikirkan cara meningkatkan efisiensi, efektivitas dan menciptakan nilai tambah dalam mengelola aset tersebut,”ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan,Srie Agustina di Jakarta, Kamis (16/5)

Berdasarkan laporan Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, pada tahun 2006-2012 telah dibangun 663 unit pasar tradisional melalui Dana DIPA Pusat dan Tugas Pembantuan.Dari jumlah tersebut, sebanyak 144 unit pasar yang telah disetujui oleh Menteri Keuangan.

Guna tertib adminitrasi pengelolaan Barang Milik Negara, pelaksanaan hibah yang dilakukan oleh  Kementerian Perdagangan berpedoman pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Karena itu, Srie berharap agar pasar yang telah diperbaiki atau dihibahkan dapat  dimanfaatkan, dijaga dan dipelihara dengan baik oleh para pengguna pasar, terutama pedagang  dan konsumen. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kegiatan usaha para pedagang agar dapat terus berkembang meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berjalan dengan baik dan menjadi kebanggaan bagi rakyat sekitarnya.

Srie Agustina juga meminta agar pasar yang ada dapat dilengkapi dengan CCTV untuk memantau aktivitas perdagangan dan mengoptimalkan monitoring, evaluasi transaksi perdagangan sebagai alat keamanan yang berada dipasar. Selain itu, pasar juga sebaiknya ditanami pepohonan agar menjadi rindang dan teduh sehingga membuat nyaman para pengguna pasar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bagi Huawei yang sudah beroperasi dan berkontribusi di Indonesia selama 21 tahun Huawei, SDM adalah sumber daya industri TIK yang paling penting. Hal ini memainkan peran penting untuk mempersiapkan talenta TIK untuk menjadi pemain ekosistem masa depan. Huawei berharap, solusi TIK yang dikontribusikan di berbagai sektor turut menguatkan daya tarik Indonesia sebagai tujuan berinvestasi.

Huawei Siap Berikan Dukungan Teknologi Untuk Perkuat Daya Tarik Investasi

JAKARTA-Hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok tahun ini memasuki usianya yang

Kemenperin Luncurkan Platform Digital e-Kemasan IKM

JAKARTA-Kemasan produk memiliki peran penting dalam mendorong daya saing produk