Kemenhub Pantau Langsung Pelaksanaan Program Subsidi Kargo Perintis di Papua

Friday 13 Dec 2019, 7 : 41 pm
by
Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni,

TUIMIKA-Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Maria Kristi Endah Murni, memantau langsung pelaksanaan program subsidi kargo perintis di Bumi Cendrawasih, Papua.

Dalam kunjungannya, Kristi mendatangi sejumlah Bandar Udara yang memiliki peran strategis dalam pendistribusian kargo subsidi di Papua. Antara lain, Bandar Udara Tanah Merah Boven Digoel, Bandar Udara Oksibil Pegunungan Bintang, dan Bandar Udara Timika.

Selain memantau aktivitas di bandara, Kristi juga langsung mendatangi gudang-gudang yang menjadi tempat penampungan barang-barang dan berdialog dengan pihak pengelola gudang.

“Kemarin kita di Tanah Merah, lanjut ke Oksibil, dan sekarang di Timika. Memantau, mengevaluasi, dan mengkoordinasikan, dan yang paling penting menyinergikan peran seluruh stakeholder di lapangan, mulai dari bandar udara, kargo, dan para pelaku usaha,” kata Kristi, Jumat, 13 Desember 2019.

Kristi menerangkan, program Subsidi Kargo yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berorientasi untuk mencegah adanya disparitas harga, khususnya bahan pokok di kota dan di distrik-distrik di Papua.

“Melalui subsidi angkutan udara kargo perintis, pemerintah terus berupaya hadir, khususnya untuk melayani kebutuhan daerah-daerah yang secara geografis memang tidak dimungkinkan dijangkau oleh sarana transportasi di luar pesawat terbang di Papua,” ungkap Kristi.

Pelayanan dan kerja keras setiap bandar udara, lanjut Kristi, menjadi kunci suksesnya program angkutan udara kargo perintis di Papua.

“Pelayanan dan kerja keras Bandara jadi kunci utama. Saya mengapresiasi kerja keras teman-teman di semua Bandar Udara yang terus memaksimalkan pelayanan masyarakat dalam program Subsidi Angkutan Udara Kargo Perintis ini,” ujar Kristi.

Sebagaimana diketahui, Subsidi Angkutan Udara Perintis Kargo dan Subsidi Angkutan Udara Penumpang merupakan program pemerintah yang dijalankan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan tujuan memudahkan akses transportasi masyarakat pedalaman dan daerah terdepan, terluar serta tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kebutuhan Tenaga Kerja Industri Bakal Naik 8% Hingga Tahun 2035

DEPOK-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja di sektor industri
Data menunjukkan 37 juta UMKM atau lebih dari 60% dikelola oleh perempuan dan 35% dari penjulaan online dihasilkan oleh perempuan

BI-Rate Tetap 6%, Perry: Sinergi Mendorong Pertumbuhan

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Februari 2024 memutuskan