Kemenkeu : Dana Desa Ditransfer Ke Rekening Pemda

Thursday 3 Jul 2014, 12 : 48 pm

JAKARTA-Kementerian Keuangan menegaskan mekanisme pengucuran dana desa sesuai PP Nomor 43 tahun 2014, dimana dana desa akan  dicairkan pada 2015. “Rencananya dana itu dicairkan langsung dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) kepada Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) yang dipegang oleh pemerintah kabupaten/kota,” kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemkeu), Budiarso Teguh Widodo, Kamis, (3/07/2014).

Dana desa ini, lanjut Budiarso,  akan dicairkan dalam tiga tahap dengan persentase besaran yang berbeda-beda. Tahap pertama, pencairan dana ini dilakukan sebesar 40% paling lambat pada pekan kedua April 2015. Tahap kedua, masih dengan besaran 40%, pencairan akan dilaksanakan paling lambat pekan kedua Agustus 2015. Terakhir atau tahap ketiga, dana desa sebesar 20% akan dicairkan paling lambat pekan kedua November 2015.  Setelah dikirimkan ke rekening daerah, kata Budiarso lagi, pemerintah daerah harus segera mengirim ke rekening kas desa. “Paling lambat tujuh hari setelah dana dikirim dari rekening pemerintah pusat ke rekening daerah,” jelasnya.

Lebih jauh kata Budiarso, ada beberapa pertimbangan yang akan digunakan pemerintah dalam menentukan tahapan pencairan dan besaran dana yang akan disalurkan kepada setiap desa. Soal penetapan tahapan pencairan dana desa, Kemkeu melihat bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mempermudah aparatur desa dalam menggunakan dan mempertanggungjawabkan pemanfaatan dana ini.

Sedangkan dalam menetapkan besaran dana yang diperoleh setiap desa, Budiarso bilang, pemerintah menggunakan empat pertimbangan. Pertama dan kedua adalah jumlah penduduk dan penduduk miskin yang ada di desa tersebut. Semakin besar jumlah penduduk dan jumlah penduduk miskin di suatu desa, maka akan sangat mempengaruhi besaran dana yang akan diperoleh desa tersebut. “Bobot pertimbangan kami untuk menentukan besaran dana desa dari dua faktor ini masing-masing mencapai 30% dan 50%,” pungkasnya. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi: Penyaluran KUR Harus Berdampak Signifikan Bagi UMKM

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, pemerintah akan meningkatkan anggaran Kredit

Kronologi Kemenangan Indonesia Atas Gugatan Churchill Mining dan Planet Mining

JAKARTA-Pemerintah Indonesia memenangkan perkara gugatan “Churchill Mining Plc dan Planet