Kementan Tak Segan Tindak Tegas Pihak Mempermainkan Benih Jagung

Saturday 5 Oct 2019, 11 : 12 am
by

JAKARTA-Produksi jagung di Indonesia mengalami peningkatan selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Tercatat produksi sebesar 75,4 juta ton tahun 2015 dan meningkat jadi 83 juta ton tahun 2018.

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan tentunya upaya peningkatan produksi harus diimbangi dengan penyediaan benih jagung yang berkualitas. Oleh karena itu, Kementan tak segan menindak tegas pihak yang mempermainkan kualitas benih jagung yang disalurkan ke petani.

“Kementan berkomitmen untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas benih. Benih yang baik akan menentukan produksi yang tinggi pula,” demikian tegas Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Takdir Mulyadi di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Bagaimana caranya memastikan benih berkualitas? Takdir menyebutkan ada unit pelaksana teknis daerah yang bertugas mengawasi peredaran benih. Namanya Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB), fungsinya mengecek dan kontrol kualitas benih yang beredar.

“Secara aturan benih bantuan dari pemerintah mutlak harus telah disertifikasi di BPSB,” ujarnya.

“Ingat ya, benih itu pondasi pertanian jadi perijinannya wajib diatur ketat oleh pemerintah,” lanjut Takdir.

Lebih lanjut Takdir menegaskan melalui pengujian di BPSB ini, sebagai bentuk penegasan bahwa benih yang disebar kepada masyarakat harus layak dan terjamin kualitasnya. Pasalnya, benih yang tidak tersertifikasi sangat rentan terhadap pemalsuan.

“Jadi, ditegaskan kembali perlu digarisbawahi bahwa Pemerintah bermaksud melindungi petani dari penggunaan benih yang tidak berkualitas. Kita lakukan proses sertifikasi untuk menjamin benih yang beredar merupakan benih bermutu yang akan memberikan hasil maksimal sesuai potensinya,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Maluku Siap Jadi Kekuatan Maritim Nasional

JAKARTA – Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 menggelar seminar nasional

GMBI Desak Kajari Bekasi Tahan Hotman Pane

BEKASI-Ratusan massa LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota