Kementerian ESDM Lakukan Uji Terap DME di Sumatera Selatan

Monday 30 Dec 2019, 12 : 58 am
by
Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana saat sosialisasi Uji Terap di Kelurahan Air Lintang, Kabupaten Muara Enim (28/12)

SUMATERA SELATAN-Kementerian ESDM melalui Puslitbangtek Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, Badan Litbang ESDM, melakukan uji terap pemanfaatan Dimethyil Ether (DME) sebagai bahan bakar rumah tangga dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Selatan.

Uji terap ini dilaksanakan selama satu bulan di beberapa titik lokasi di Sumatera Selatan, antara lain Kelurahan 13 dan 14 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1, Kota Palembang sebanyak 73 konsumen; Kelurahan Air Lintang, Kabupaten Muara Enim sebanyak 47 konsumen; dan Desa Tegal Rejo, Kabupaten Tanjung Enim sebanyak 39 konsumen.

Paket yang dibagikan kepada setiap konsumen berupa kompor DME dan tabung DME ukuran 12 kg untuk UMKM dan tabung 5,5 kg untuk rumah tangga.

“Uji terap ini dilakukan untuk mengetahui apakah DME ini layak untuk di kembangkan dan dibuat dalam skala besar untuk masyarakat”, ujar Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana dalam sambutannya pada sosialisasi Uji Terap di Kelurahan Air Lintang, Kabupaten Muara Enim (28/12).

Dadan menekankan pemanfaatan DME merupakan salah satu inovasi mengurangi impor liquified petroleum gas (LPG) yang saat ini telah lebih dari 70%.

Pemerintah berharap, penggunaan DME akan mengurangi anggaran subsidi impor LPG dan menghemat devisa negara.

Selain dilaksanakan di Muara Enim, Sosialisasi Uji Terap DME juga dilaksanakan di kantor Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan pada 27 Desember 2019.

Kepala Puslitbangtek Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” Setyorini Tri Hutami (Rini) menyampaikan bahwa DME sebagai bahan bakar ramah lingkungan telah diuji coba pada sektor rumah tangga, transportasi, industri, dan pembangkit listrik.

Penelitian DME sebagai bahan bakar telah dilakukan oleh Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan (KP3) Aplikasi Puslitbangtek Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” dari tahun 2009.

DME bisa bersumber dari gas alam, batubara maupun dari biomassa yang bersih dan ramah lingkungan yang diolah menjadi DME.

Puslitbangtek Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” juga yang melakukan pengujian efisiensi kompor yg digunakan dan melakukan pengujian karakteristik gas DME.

Lebih lanjut Rini menjelaskan bahwa karakteristik fisik DME mirip LPG, yaitu berwujud gas dalam kondisi ruang. Sebagai bahan bakar, DME dapat dimanfaatkan secara langsung maupun dicampur dengan LPG serta dapat menggunakan infrastruktur LPG untuk penyaluran ke konsumen.

“Uji terap Bahan Bakar DME untuk sektor rumah tangga dan UMKM dimaksudkan untuk mengetahui penerimaan masyarakat terhadap bahan bakar DME, kendala-kendala yang dijumpai oleh masyarakat dalam memanfaatkan bahan bakar DME “, lanjut Rini.

Prospek pengembangan bahan bakar DME di Indonesia sangat menjanjikan karena ramah lingkungan dan bahan bakunya tersedia melimpah.

Pelaksanaan uji terap DME sebagai bahan bakar rumah tangga dan UMKM ini sejalan dengan Permen ESDM Nomor 29 Tahun 2013 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar DME.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

TAPERA, BTN dan PERUMNAS Resmi Kolaborasi Permudah Miliki Rumah

JAKARTA-Mimpi besar Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan seluruh masyarakat

Lima Rusunawa dan 50 Unit Rusus di Jawa Tengah Diresmikan

JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong