Kemitraan RI-Korsel Diyakini Bisa Ekspor

Thursday 28 Nov 2019, 3 : 30 pm
beritasatu.com

JAKARTA-Kemitraan dan kolaborasi bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan terus diperkuat. Bahkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Korea Selatan (IK-CEPA), diyakini membawa langkah positif bagi kemitraan kedua negara.

Malah kerjasama ini mampu meningkatkan ekspor Indonesia ke Korea Selatan dan investasi Korea Selatan ke Indonesia.

“Kolaborasi Korea Selatan dengan Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan salah satu ekonomi G20 paling dinamis, bisa membuat kedua negara memperoleh manfaat yang lebih besar dari pasar regional dan global,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto diterima di Jakarta, Kamis, (28/11/2019).

Pernyataan itu disampaikan Mendag Agus saat membuka Forum Bisnis Indonesia-Korea Selatan dan penjajakan kesepakatan dagang (bussiness matching) di Busan, Korea Selatan.

“Inilah saat yang tepat bagi kedua negara untuk memperkuat kemitraan dan kolaborasi,” ujarnya

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan kerja Mendag Agus ke Korea Selatan yang berlangsung pada 25-27 November 2019. Sebanyak 92 peserta dari asosiasi dan pelaku usaha hadir dalam acara itu.

Turut hadir dalam Forum Bisnis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi dan Ketua Umum Asosiasi Korea Indonesia Adhi Wargono.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dubes RI Umar Hadi mengajak pengusaha Korea Selatan menjalin mitra dagang di Indonesia dan memanfaatkan KBRI Seoul, Atase Perdagangan Seoul, dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara.

Sedangkan Duta Besar Kim Chang-beom menyampaikan bahwa Indonesia adalah mitra dagang strategis bagi Korea Selatan dan mengajak pengusaha Korea untuk melihat Indonesia sebagai mitra potensial.

Dubes Kim juga menjelaskan perusahaan Hyundai bahkan akan berinvestasi di Kerawang Indonesia untuk membangun pabrik dan memproduksi mobil 200 unit per tahun.

Forum Bisnis ini menjadi salah satu tonggak penting bagi kedua negara. Terutama setelah perayaan kemitraan ASEAN-Korea yang ketigapuluh tahun yang menjadi bukti bahwa hubungan kedua pihak telah terjalin dengan sangat baik selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Petrus Selestinus (tengah) memberikan keterangan pers usai mengirim surat ke Pimpinan DPR/Foto: Beritamoneter

TPDI Sampaikan Surat ke Puan Maharani, Dukung Gunakan Hak Angket Kecurangan Pemilu

JAKARTA-Para advokat yang tergabung dalam Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI)

Miliaran Rupiah Anggaran IT DPR Terbuang Sia-sia

JAKARTA-Sarana dan prasaran pendukung kinerja Anggota DPR seperti teknologi informasi