Kenaikan Harga Properti Residensial Melambat pada Triwulan II 2019

Tuesday 13 Aug 2019, 12 : 10 am
by
rumah mewah

JAKARTA-Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI) mengindikasikan perlambatan kenaikan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan II 2019. Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan II 2019 yang tumbuh 0,20% (qtq), melambat dibandingkan 0,49% (qtq) pada triwulan sebelumnya.

“Melambatnya kenaikan harga properti residensial terjadi pada semua tipe rumah. Ke depan, kenaikan harga rumah diperkirakan meningkat pada triwulan III 2019 sebesar 0,76% (qtq),” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko.

Menurutnya, volume penjualan properti residensial pada triwulan II 2019 tercatat mengalami kontraksi pertumbuhan -15,90% (qtq), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 23,77% (qtq). Penurunan penjualan properti residensial disebabkan oleh penurunan penjualan pada rumah tipe kecil dan rumah tipe menengah.

“Menurut responden, beberapa faktor yang menyebabkan penurunan penjualan adalah melemahnya daya beli, suku bunga KPR yang cukup tinggi, dan tingginya harga rumah,” terangnya.

Hasil survei menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang terutama bersumber dari non perbankan, tercermin pada pembiayaan pembangunan yang bersumber dari dana internal pengembang yang mencapai 60,57%.

Sementara di sisi konsumen, pembelian properti residensial sebagian besar masih menggunakan fasilitas KPR sebagai sumber pembiayaan utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menaker Siapkan Sertifikasi Kompetensi Kerja Hadapi MEA 2015

JAKARTA-Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan bergulir pada tahun

Chubb Sediakan Perlindungan Terhadap Ancaman Cyber

JAKARTA-PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) meluncurkan solusi Cyber Enterprise