Kesenjangan Gender di Dunia Kerja Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Wednesday 26 Jun 2024, 3 : 36 pm
by
Liberty Society telah memberdayakan ratusan perempuan di Indonesia dengan memberikan peluang dan dukungan bagi perempuan prasejahtera untuk mengembangkan keterampilan mereka, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka.

JAKARTA –Kesenjangan kesempatan kerja antara perempuan dan laki-laki masih menjadi sebuah tantangan bagi Indonesia.

Data oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 menunjukkan bahwa Tingkat Ketidakaktifan perempuan lebih tinggi (45,48 persen) dibanding laki-laki (15,74 persen).

Tingkat Ketidakaktifan mengukur proporsi penduduk umur kerja suatu negara yang tidak terlibat aktif dalam pasar tenaga kerja, baik dengan bekerja atau mencari pekerjaan (bukan angkatan kerja).

Didirikan sejak tahun 2019, Liberty Society hadir sebagai sebuah social enterprise yang mengubah limbah korporat seperti plastik, tekstil, dan kardus menjadi merchandise dan gift sets dalam skema penjualan Business-to-Business (B2B).

Namun tidak hanya memperhatikan aspek lingkungan, Liberty Society juga memajukan perempuan prasejahtera dengan memberikan pekerjaan, menghadirkan beragam pelatihan seperti menjahit dan berbisnis, menyediakan platform bagi mereka untuk membuat produk kerajinan tangan, serta menciptakan lingkungan yang aman bagi mereka dalam berkarya.

Baca juga :  TAISE Asia-Pacific Sustainability Action Awards Ke-3 Memulai Perjalanan Baru Berkelanjutan

Co-founder & CEO Liberty Society Tamara Gondo mengatakan, “Cerita Liberty Society dimulai saat saya mendampingi orang-orang terdampak konflik, perang dan kemiskinan, di mana perempuan kehilangan kesempatan untuk bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

cadangan devisa

BI: Investasi Tetap Menggeliat Pada Tahun Politik

JAKARTA-Fundamental perekonomian Indonesia yang terus membaik akan menjadi penarik utama
Pasokan BBM

Pemerintah Antisipasi Lonjakan Konsumsi Energi

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin