Ketersediaan Infrastruktur Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

Friday 15 Nov 2019, 10 : 08 pm
by
Jokowi
Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Presiden Jokowi dan Menhub, Budi Karya

JAKARTA-Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

“Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk “Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur” yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Hadir pula dalam forum tersebut mendampingi Presiden Jokowi sebagai narasumber yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Sebagai pondasi, dikatakan Presiden Jokowi pembangunan infrastruktur memberikan dampak berganda (multiplier effect) yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Menurut Presiden dampak jangka pendek dari pembangunan infrastruktur adalah menciptakan lapangan kerja. Sebab dalam proses pembangunan, tentu dibutuhkan keterlibatan tenaga manusia sebagai faktor utama pendukung pembangunan.

“Yang kedua, infrastruktur akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Sehingga peredaran uang tidak hanya terjadi di Jakarta,” kata Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Advance

Tips Menyulap Ruangan Terbatas Menjadi Lebih Luas

JAKARTA-Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan seseorang dalam menata interior hunian

Putut: New Normal, Matinya American Dream

JAKARTA-Bisa jadi, jika huru hara di dalam negeri tidak dapat