KPU Bali: Berkas Paket Winasa-Sudiartana Tidak Lengkap

Menurut Lanang, intinya ada dua syarat utama yang harus dipenuhi oleh semua kandidat yang maju dalam Pilgub Bali yakni syarat calon dan syarat partai pendukung. Untuk pasangan Pastika-Sudikerta, delapan partai pendukung seperti Golkar, Demokrat, Hanura, Gerindra, PKPB, PKPI,  PAN, PNBK sudah sah dan memenuhi syarat yang ditentukan, tinggal dukungan satu Partai yakni Pakar Pangan. Karena setelah kami verifikasi terdapat dukungan ganda, Partai Pakar Pangan juga memberikan dukungan kepada pasangan Winasa-Sudiartana,” katanya.

Kendati satu berkas dukungan kepada pasangan Paket Pastika-Sudikerta masih bermasalah, dukungan dari delapan parpol sebenarnya sudah cukup karena mencapai angka 40% suara berdasarkan hasil Pemilu 2009. Sedangkan paket Puspayoga-Sukrawan itu tidak ada masalah dari dukungan parpol karena sudah jelas diusung oleh satu partai yakni PDI Perjuangan,” ujarnya.

Baca :  Gerindra: Target Rp 165 Triliun dari Tax Amnesty Gagal

Lebih lanjut Lanang Perbawa menjelaskan, pasangan paket  Pastika-Sudikerta dan Puspayoga-Sukrawan juga sudah melengkapi surat keterangan tidak tersangkut pidana dari pengadilan. Hanya terdapat sedikit perbedaan redaksional antara KPU dengan Pengadilan Negeri.

“Untuk laporan kekayaan ke KPK, hingga saat ini belum semua pasangan calon menyetor. Namun demkian kami (KPU: red) berjanji akan mengumumkan kekayaan masing-masing calon sebelum masa kampanye,” tegasnya.

Kendati paket Winasa-Sudiartana  tidak melengkapi semua persyaratan dokumen yang diminta Undang-Undang, namun pihaknya mengaku belum bisa mengumumkan secara resmi soal lolos tidaknya paket tersebut. Karena sesuai jadwal, pengumuman resmi akan dilakukan pada tanggal 29 Maret 2013. Pengumuman resmi tersebut menunggu kelengkapan persyaratan kesehatan. Dan check up kesehatan itu sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Maret 2013 di RSUP Sanglah Denpasar.

Baca :  MKGR Soroti Masalah Pemerataan KUR Untuk UMKM