Keyakinan Konsumen Kembali Menguat

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2014 menunjukkan keyakinan konsumen yang kembali menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2014 tercatat 116,9, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 113,9.

Keterangan tertulis Divisi Statistik Sektor Riil, Group Statistik Domestik, Departemen Statistik‚Äč‚Äč BI menyebutkan peningkatan tersebut didorong oleh menguatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Secara tahunan, IKK Mei 2014 juga lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (112,8).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan kenaikan harga masih berlanjut pada 3 bulan mendatang pasca bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri (Agustus 2014). Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (November 2014) diperkirakan juga masih tinggi didorong oleh kekhawatiran terhadap ketersediaan pasokan barang konsumsi dan penurunan subsidi Pemerintah.

Baca :  Anggaran Pemberantasan Terorisme Harus Dilaporkan