KKP Gelontorkan Bantuan Modal Pelaku Usaha Rp1,2 Triliun

Wednesday 23 Jun 2021, 5 : 34 am
by
Direktur Utama BLU LPMUKP Syarif Syahrial

JAKARTA-Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen memberikan fasilitas pinjaman modal bagi para pengusaha di sektor perikanan dan kelautan.

Direktur Utama BLU LPMUKP Syarif Syahrial mengatakan, fasilitas yang diberikan tersebut didasarkan pada keterbatasan akses permodalan di sektor kelautan dan perikanan.

Syarif menargetkan, penyaluran dana bergulir bagi pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan mencapai Rp1,2 triliun hingga akhir tahun 2021.

Sejak berdiri pada November 2017, LPMUKP telah menyalurkan pinjaman hingga Rp841,9 miliar hingga akhir Mei ini.

“Mudah-mudahan Rp1 triliunnya ini bisa dua bulan lagi. Sampai akhir tahun kita targetkan Rp1,2 triliun,” ujar Syarif dalam Bincang Bahari KKP, di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Baca juga :  Jangan Main ‘Dua Kaki’ Partai Nasdem

“Kadang bagi teman-teman perbankan, ini sektor yang high risk, kalau dikasih pinjaman banyak yang tidak kembalikan. Masih banyak stigma bahwa sektor perikanan tangkap itu perburuan, ada risiko tidak dapat ikan, tapi nelayan itu sudah ada kecerdikan masing-masing,” kata Syarif menambahkan.

Adapun, jumlah pelaku usaha yang memanfaatkan fasilitas ini mencapai 21.215 orang dengan pinjaman rata-rata per orang mencapai Rp39,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Anggota BPK Rizal Djalil Diperiksa KPK

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan

Posisi Uang Beredar Agustus 2019 Tercatat Rp5.933,0 Triliun

JAKARTA-Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh