Kodim Depok Beri Pembekalan Bagi 15 Anggota Baru

Saturday 26 May 2018, 8 : 30 pm
by

DEPOK-Sebagai ujung tombak TNI AD, Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peran penting dalam pertahanan teritorial. Temu cepat dan lapor cepat merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Babinsa.

Selain dua hal tersebut Babinsa juga dituntut handal dalam segala bidang agar keberadaannya dapat diterima di tengah masyarakat.

Pertahanan di wilayah teritorial tidak hanya diwujudkan melalui penguatan alat utama sistem kesenjataan (alutsista), melainkan dengan pembangunan interaksi dan penetrasi yang intens antara Babinsa dan masyarakat sebagai bagian dari konsep pertahanan negara.

Konsep ini menjadi penekanan penting bagi Kodim 0508/Depok dalam menjalankan fungsinya sebagai alat pertahanan negara di wilayah darat, khususnya di Kota Depok

Sabtu (26/5/2018), Kasdim 0508/Depok melaksanakan penutupan kegiatan penataran dan pembekalan bagi 15 anggota baru dari sejumlah satuan di jajaran Kodam Jaya.

Kegiatan pembekalan bagi colan Babinsa tersebut telah berlangsung sejak 22-26 Mei 2018, di Aula Markas Koramil 06/Cimanggis.

Menurut Kasdim, pembekalan yang diberikan bertujuan sebagai bekal bagi para calon Babinsa sebelum mereka terjun ke wilayah.

“Mereka ini banyak berasal dari Satuan Tempur, sehingga perlu dirubah Mindsetnya dari Satuan menjadi Teritorial. Ini sangat berbeda, yang mana anggota satuan Teritorial lebih banyak berhubungan dengan masyarakat dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” kata Kasdim usai penutupan pembekalan.

Disebutkannya, peran Babinsa itu sangat besar. Data dan informasi yang dilaporkannya ke komando atas menjadi pengaruh penting dalam kemajuan taraf hidup masyarakat.

“Makanya penting untuk anggota baru yang bakal menjadi Babinsa dibekali ilmu teritorial,” ujar Kasdim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

pernyataan Arteria Dahlan, bisa jadi signal bahwa masih ada upaya untuk merevisi UU KPK khusus untuk melindungi sekelompok orang yang dikecualikan dari OTT KPK, tidak hanya terhadap APH tetapi juga bisa melebar kepada Anggota DPR dan orang-orang Partai.

Petrus: Penganiayaan Biadab Terhadap Ade Armando Tindakan Terkutuk

JAKARTA-Pergerakan Advokat Nusantara (PEREKAT NUSANTARA), mengutuk keras tindakan biadab dan

Pemkot Tangsel Targetkan Bulan Juni, 100% Guru Divaksin

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), memastikan vaksinasi guru, sarana prasarana