Kominfo Minta Penjelasan Faceebook Atas Penyalahgunaan Data

Friday 20 Apr 2018, 9 : 31 pm
by
Perwakilan Facebook Indonesia saat bertemu dengan Komisi I DPR RI, di Gedung DPR RI, Selasa (17/4) lalu, untuk menjelaskan kasus kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia.

JAKARTA-Kementerian Kominfo (Kominfo) kembali mengirimkan surat kepada Facebook Kamis ,19 April 2018.
Surat yang dikirim Direktur Jenderal Aplikasi Informatika sebagai jawaban surat dari Head of Data Protection, Facebook Ireland Limited tertanggal 10 April 2018 itu ditujukan untuk meminta penjelasan dan dokumen yang berkaitan dengan penyalahgunaan data pengguna Facebook Indonesia.

Melalui surat tersebut, atas nama Pemerintah Republik Indonesia, Kementerian Kominfo meminta 4 hal kepada facebook yaitu:

Pertama, konfirmasi dan penjelasan mengenai adanya informasi penyalahgunaan data pengguna Facebook yang meluas ke firma analisis lain selain Cambridge Analytica yaitu CubeYou dan Aggregate IQ.

Kedua, konfirmasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan teknis untuk membatasi akses data di Facebook, sebagaimana informasi yang telah dimuat dalam surat dari Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia tanggal 5 April 2018.

Ketiga, memberikan data jadwal dan/atau hasil audit atas kasus penyalahgunaan data pengguna;

Dan Keempat, memberikan data pengguna Facebook Indonesia yang terkena dampak penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica.

Dalam surat itu juga, Kementerian Kominfo secara tertulis agar Facebook memenuhi permintaan tersebut selambat-lambatnya dalam 7 (tujuh) hari kalender sejak surat dikirimkan hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Januari 2024, Resource Alam Indonesia Bagi Dividen Interim Rp390 per Saham

JAKARTA-PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) berencana membagikan dividen interim

Harga Beras Naik, Wapres Instruksikan Bulog Salurkan 300.000 Ton Raskin

JAKARTA-Harga beras terus melonjak naik sejak November 2014 lalu. Diduga,