Komitmen Terhadap Produk Sawit Indonesia Berkelanjutan

Monday 9 Jun 2014, 1 : 58 pm
by

BERLIN-Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh agar produksi maupun ekspor sawit Indonesia 100% sustainable dan tersertifikasi (certified sustainable palm oil/CSPO). Bagi Indonesia, industri sawit di Indonesia sangat strategis. Hampir 20 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung berkecimpung dalam industri sawit dan memberikan kontribusi pendapatan devisa sebesar USD 19,1 miliar tahun 2013 sehingga sawit memegang peranan penting dalam pengentasan kemiskinan. “Tidak hanya bagi Indonesia, sawit merupakan sumber nabati yang paling produktif untuk dunia, karena dibandingkan dengan sumber nabati lainnya karena dapat menghasilkan 5-6 ton/tahun/hektar atau lebih dari 10 kali lipat, dan hanya membutuhkan 1% lahan dari 1,5 miliar hektar lahan pertanian untuk menyuplai 31% kebutuhan minyak nabati dunia. Tiga petani yang ikut serta pada kegiatan diplomasi ini adalah bukti pentingnya peran sawit bagi peningkatan kesejahteraan,” jelas

Baca juga :  Bybit’s TradeGPT to Offer AI-Powered Trading Assistant

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Bachrul Chairi di hadapan puluhan stakeholders pada kegiatan diplomasi perdagangan sawit bekerja sama dengan KBRI Berlin seperti dikutip dari laman kemendag.go.id di Jakarta, Senin (9/6).

Sekedar catatan, ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Jerman mencapai USD 110,7 juta pada tahun 2013 atau meningkat 8,43% dibandingkan tahun sebelumnya. Pangsa pasar produk makanan dan minuman di Jerman masih sangat besar. Hal ini terlihat pada peningkatan impor produk makanan Jerman dari dunia secara konsisten selama lebih dari 10 tahun dengan nilai terbesar mencapai USD 84 miliar pada tahun 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Naik 6%, Penjualan BELL Per Kuartal III-2022 Jadi Rp312,66 Miliar

JAKARTA- PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) selama sembilan bulan

Menperin: Kebijakan Industri Perkuat Sektor Perdagangan

JAKARTA-Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan perdagangan akan dapat berkembang