Komoditi Rempah Bisa Jadi Alat Diplomasi Indonesia

Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto

JAKARTA-Hamparan laut yang dikelilingi pulau-pulau menjadi ciri tersendiri Indonesia dimata dunia yang dikenal sebagai negara kepulauan. Dibalik hamparan laut yang dikelilingi pulau-pulau tersebut, ternyata tersembunyi kekayaan aneka ragam hayati dan sumber daya alam lainnya yang tak terbatas.

Namun demikian, kekayaan alam dan keanekaragaman sumber daya hayati yang terbentang dari satu pulau ke pulau lainnya di bumi Nusantara ini belum dimanfaatkan dengan maksimal.

“Padahal kalau dimaksimalkan dan dikelola dengan baik kekayaan alam dan keanekaragaman Hayati yang kita miliki ini bisa membuat negeri ini sejahtera,” ujar Darmadi Durianto Politikus PDIP itu kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Tak hanya itu, Darmadi mengatakan, keberlimpahan kekayaan alam baik yang di atas permukaan maupun dibawah permukaan bumi Nusantara ini bisa dijadikan alat tawar dikancah dunia.

Baca :  Menpar Ajak ASITA Galakkan Milenial Tourism di Indonesia

“Dipermukaan ada kekayaan rempah-rempah. Rempah-rempah yang dimiliki negeri kita ini mesti jadi alat diplomasi dimasa mendatang dan jadi visi politik kita kedepan dikancah internasional. Jika ini dilakukan akan banyak manfaat yang dirasakan terutama manfaat ekonomi,” ujarnya.

Dimasa depan, kata Darmadi, konstelasi politik dunia akan mengalami perubahan yang cukup mendasar.

“Seiring bertambahnya populasi penduduk dunia maka politik dan kepentingan terkait pangan akan jadi isu global yang cukup krusial. Indonesia yang kaya akan sumber daya hayati dan sumber daya alam lainnya tentu saja akan jadi perhatian negara-negara lain. Pangan akan jadi sumber konflik dimasa mendatang dan ini mesti jadi perhatian serius Indonesia yang berlimpah kekayaan alam seperti rempah-rempah,” tegas Bendahara Megawati Institute itu.

Baca :  Ini Paket dan Program Yang Ditawarkan DDS Bagi Para Wisatawan

Untuk itu, Darmadi menegaskan, partainya bahkan siap menjadi partai yang mengangkat isu-isu strategis yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat banyak.

“Kita siap pelopori isu rempah-rempah sebagai isu yang utama dalam agenda politik nasional ke depan. Bicara rempah-rempah sama saja kita sedang berbicara tentang jati diri kita sebagai bangsa. Kehangatan rempah-rempah harus jadi simbol persatuan kita ditengah keragaman,” pungkasnya.

Untuk diketahui, PDIP dalam rangka menyambut rakernasnya yang akan digelar di Jakarta Januari mendatang akan menggelar pameran bertema menapak jalur rempah.

Pameran tersebut rencananya akan dihelat dari tanggal 10-12 Januari 2020 di JI-Expo Kemayoran Jakarta.