Komodo Bond Dipasarkan, IFC Raup Dana Rp 2 Triliun

Monday 8 Oct 2018, 7 : 52 pm
by
IFC Mempelopori Obligasi Berwawasan Lingkungan untuk Pasar Internasional (Komodo Bond) dan Berhasil Mengumpulkan USD 134 Juta untuk Investasi Iklim di Indonesia

JAKARTA-The International Finance Corporation (IFC), anggota Kelompok Bank Dunia, untuk pertama kalinya menerbitkan surat utang berwawasan lingkungan (green bond) berdenominasi Rupiah untuk pasar internasional (Komodo bond). Obligasi ini menarik minat yang kuat dari investor dan berhasil mengumpulkan dana 2 triliun Rupiah – setara dengan USD 134 juta – untuk mengatasi perubahan iklim.

Penerbitan “green Komodo bond” di pasar luar negeri berdenominasi rupiah ini merupakan yang pertama dilakukan oleh bank pembangunan multilateral untuk investasi ke proyek-proyek terkait perubahan iklim di Indonesia. Minat yang kuat dari berbagai kelompok investor internasional adalah bukti meningkatnya ketertarikan akan investasi yang bertanggung jawab sosial di Indonesia.

Obligasi berwawasan lingkungan, atau obligasi hijau, berjangka lima tahun yang akan didaftarkan ke Bursa Efek London dan Bursa Efek Singapura ini akan mendukung pasar mata uang lokal di Indonesia, dan mendanai obligasi berwawasan lingkungan pertama yang diterbitkan di Indonesia oleh klien IFC, yakni Bank OCBC NISP.

Hasil penjualan obligasi ini akan membiayai infrastruktur juga proyek-proyek yang mengatasi perubahan iklim, sesuai dengan prinsip-prinsip Obligasi Hijau (Green Bond Principles).

“Penerbitan green Komodo bond ini menegaskan komitmen IFC untuk mendukung Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan,” kata Vice President IFC untuk Asia dan Pasifik, Nena Stoiljkovic.

“Obligasi ini memungkinkan kami untuk memobilisasi pendanaan internasional ke dalam proyek-proyek ramah iklim di Indonesia. Kami bermaksud untuk mereplikasi dan meningkatkan skala dari model ini guna mengatasi tantangan iklim negara ini,” tuturnya

Vice President dan Treasurer IFC, Jingdong Hua, mengatakan, Obligasi hijau Komodo pertama yang diterbitkan dalam mata uang Rupiah untuk investasi iklim di Indonesia adalah tonggak penting bagi IFC dan bagi Indonesia.

“Penerbitan obligasi ini juga membantu sektor swasta mengelola risiko valuta asing melalui pembiayaan dengan mata uang lokal, sekaligus menumbuhkan bisnis yang cerdas iklim,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kompetisi Hackathon 2019 Dorong Generasi Muda Peduli APBN

JAKARTA-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen untuk terus mengenalkan APBN kepada masyarakat.

Nilai Tukar Stabil, Modal Asing Masuk Rp139 Triliun

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengatakan ekspektasi risiko investasi di Indonesia yang