Konsumsi Masyarakat Semakin Menguat

Monday 6 Jan 2014, 7 : 03 pm
by

JAKARTA-Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) pada November 2013 mengindikasikan berlanjutnya peningkatan konsumsi rumah tangga. Hal ini tercermin dari peningkatan pertumbuhan bulanan dan tahunan pada Indeks Penjualan Riil (IPR), yang masing-masing tumbuh meningkat menjadi 1,5% (mtm) dan 14,0% (yoy) dari bulan sebelumnya 1,2% (mtm) dan 12,9% (yoy). Kenaikan penjualan dialami oleh seluruh kelompok barang, kecuali kelompok suku cadang dan aksesoris serta kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya.

Data Divisi Statistik Sektor Rill, Departemen Statistik BI menjelaskan indikasi berlanjutnya peningkatan konsumsi juga ditunjukkan oleh perkiraan IPR dan ekspektasi penjualan beberapa bulan ke depan. IPR Desember 2013 diperkirakan tumbuh lebih tinggi, mencapai 8,4% (mtm) atau 18,3% (yoy). Sementara ekspektasi penjualan 3 dan 6 bulan mendatang juga memperlihatkan kenaikan indeks, yang didorong membaiknya daya beli masyarakat.

Survei juga mengindikasikan masih adanya tekanan kenaikan harga dari sisi pedagang pada 3 bulan dan 6 bulan ke depan. Tekanan ini dipengaruhi oleh  tingginya harga bahan baku impor terkait pelemahan nilai tukar dan naiknya biaya produksi karena kenaikan tarif listrik dan upah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pendeta Asal Manado Laporkan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya

JAKARTA-Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab kembali dilaporkan ke

Said Abdullah Nilai Ada Kecurangan Sistematis di Balik Jargon Pemilu Damai dan Riang Gembira

JAKARTA-Masyarakat jangan terpukau oleh jargon Pemilu damai dan riang gembira.