KopiKalyan dan Play Everywhere Kenalkan Musisi Indonesia ke Warga Tokyo

Sunday 9 Jul 2023, 1 : 22 pm
by
Kopikalyan Tokyo

TOKYO – Di antara aroma kopi yang harum dan layar LED yang jernih, Kopikalyan Tokyo dan Play Everywhere menjembatani musisi lokal Indonesia untuk manggung di Tokyo.

Kopikalyan Tokyo dan Play Everywhere baru saja sukses menggelar live performance musisi-musisi lokal berbakat dari Indonesia ke hadapan warga Tokyo melalui acara bertajuk “Indonesian Music Night”, Sabtu (1/7).

Pendiri Kopikalyan Tokyo, Kenny Erawan Tjahyadi, mengatakan acara yang digelar di kedai kopi yang terletak di Kota Shibuya itu berhasil membuat para tamu terkesan.

“Mereka happy banget bisa dapat feel sedang ngopi di kafe sambil dengar musik Indonesia. Serasa sedang bersantai di Indonesia,” kata Kenny, Senin (3/7).

Baca juga :  Indonesia dan Spanyol Sepakat Tingkatkan Kinerja Perdagangan

Indonesian Music Night menampilkan empat musisi lokal, yaitu Josh Sitompul, Risye Andriany, Sapta Pratama, dan Arief S. Pramono.

Berbeda dengan live performance biasa, Kopikalyan Tokyo dan Play Everywhere menyuguhkan penampilan para musisi melalui sebuah layar LED berukuran 55 inci.

Konsep live performance ini sekilas tampak seperti layanan streaming biasa, tetapi sebenarnya sangat berbeda. Teknologi Play Everywhere dari GoPlay ini memungkinkan penonton dan musisi untuk berinteraksi dua arah secara real-time.

Menurut Kenny, saat ini tak banyak kedai kopi di Jepang yang menawarkan acara live music. Dengan Play Everywhere, dia ingin menjembatani musisi lokal dan budaya Indonesia agar dapat lebih dikenal warga Jepang.

Baca juga :  Inacraft 2019 Targetkan Transaksi Rp149 Miliar

“Seperti juga K-pop, saya yakin budaya Indonesia dapat lebih cepat diperkenalkan lewat lagu-lagu dan dikomunikasikan dengan bahasa,” ungkapnya.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo, mengungkapkan Play Everywhere dapat menjadi media untuk pertukaran budaya antarnegara.

“Kemarin ada komunitas komika Indo di Jepang dan musisi viral di Kopikalyan Jepang. Bisa dibalik juga musisi di Jepang untuk Indonesia,” ujarnya, Senin (3/7).

Play Everywhere, lanjut dia, dapat menghadirkan suasana Indonesia di luar negeri.

Untuk mengenalkan musik dan keindahan warisan budaya Indonesia, misalnya, dapat dibuat live music musisi lokal bernyanyi dengan latar Candi Borobudur.

“Ini memang belum pernah terjadi sebelumnya. Kita yang pertama di dunia,” ucap Edy.

Baca juga :  Generasi Muda Harus Cakap Digital Guna Tangkap Peluang Ekspor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Januari, Dana Desa Siap Dicairkan untuk Desa yang Memenuhi Syarat

JAKARTA-Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengubah

Bank Danamon Dapat Pinjaman USD 50 Juta dari Wells Fargo

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. menandatangani kerjasama pembiayaan senilai USD