KOPITU Kembangkan Riset Probiotik untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Thursday 23 Apr 2020, 3 : 00 pm
by
Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo

JAKARTA-Satuan Tugas (Satgas) Relawan UMKM Indonesia Melawan Covid-19 yang dibentuk oleh Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU), akan mengembangkan riset probiotik sebagai salah satu metode dalam upaya penyembuhan pasiren COVID-19.

Probiotik merupakan bahan yang berasal dari organik atau biologi yang jelas lebih ramah lingkungan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan pasien covid 19.

“KOPITU berusaha mengembangkan riset probiotik berupa serum anti virus telur ayam, minyak VCO dan air Selenium. Produk probiotik tersebut dikembangkan dengan menerapkan kearifan lokal masyarakat indonesia khususnya para UMKM, sehingga diharapkan dapat menyediakan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh dalam penyembuhan pasien COVID 19,” ujar Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo.

Hal itu juga di dukung oleh Dr. Muhammad Sobri.

“Kalau bisa dilakukan uji klinis terhadap obat-obatan herbal (tradisional) Indonesia produksi UMKM yang berpotensi dapat menyembuhkan atau mencegah Covid-19 (mengandung probiotik untuk peningkatan imunitas tubuh),” ujarnya dalam Webiner KOPITU.

dr Suwardi Sukri menjelaskan dalam acara Webiner yang diadakan Kopitu, Rabu, 22 April 2020 bahwa tubuh itu cerdas, punya potensi, bisa menyembuhkan dirinya asal diberi nutrisi yang tepat.

Penyebab utama penyakit adalah ketidakseimbangan mikrobiom. Karenanya, perlu perlu pencegahan kerusakan mikrobiom agar terhindar dari kerusakan tubuh.

Salah satu cara untuk mengatasi virus dengan segera antara lain Penggunaan Probiotik untuk pulihkan mikrobiom yang rusak akibat obat medis dan mengendalikan virus covid.

“Aplikasi probiotik dapat dipakai dalam bentuk;1.Cairan diminum, diteteskan dan dihirup , 2. Sebagai hand sanitizer, 3. Desinfektan alami dengan botol spray, humidifier dan diffuser,” tambahnya.

Berkaitan dalam pencegahan COVID-19, Ir. B. Wisnu Widjja, M.Sc (BNPB) mengemukakan Pemberdayaan Masyarakat ditengah wabah covid-19 ini dapat melalui padat karya seperti Perkebunanan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, infrastruktur dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr. Elly Engelbert Lasut, ME mengatakan Pemerintah Kabupaten Talaud memberikan dukungan kepada masyarakat yang berusaha seperti usaha mikro berupa insentif seperti BLT, dimana dana diupayakan dalam model padat karya agar dana bisa berputar, contoh memberikan bantuan bibit dengan melakukan 5 tahapan penanaman.

Selain itu juga dalam membantu dibidang herbal untuk menangani Covid-19 yaitu penerapan kearifan lokal yang disebut Gofu (campuran Jahe, bawang, merica dan cuka yang dicampur pepaya dan menjadi makanan khas masyarakat Kepulauan Talaud, hal itu diprediksi dapat membantu menangani COVID 19”.

Ketua Umum Kopitu menambahkan pihaknya juga bakal berkolaborasi dengan pemangku kepentingan kesehatan dalam negeri untuk pengembangan probiotik bagi pasien COVID-19.

Apabila ingin berdonasi untuk pengembangan obat probiotik bersama KOPITU dapat menghubungi menghubungi 085712837241 (indah).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diikuti 56 Negara, Presiden Buka Sidang Tahunan IDB ke-41

JAKARTA-Indonesia akan menjadi tuan rumah Sidang Tahunan (ST) Islamic Development
Arsjad Rasjid, Andika Perkasa

Andika Perkasa: Aparat Negara Milik Negara, Bukan Paslon Tertentu

JAKARTA-Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jenderal TNI (Purn)