KPU “Miskin” Manajemen Komunikasi

Tuesday 8 Jan 2019, 7 : 41 am
Timesindonesia.co.id

JAKARTA-Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing
mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sama sekali bukan membocorkan pertanyaan debat Pilpres perdana yang akan digelar bulan ini. Namun KPU hanya memberitahu pertanyaan kepada dua paslon Pilpres.

Membocorkan, artinya semua atau sebagian dari pertanyaan diberikan hanya kepada salah satu paslon Pilpres tertentu, sedangkan ke paslon lain tidak diberikan.

“Memberitahu, artinya semua pertanyaan atau sebagian pertanyaan (yang sebagian ini harus merupakan pertanyaan yang sama) disampaikan kepada kedua paslon peserta Pilpres, tanpa kecuali,” katanya dalam siaran pers Senin (7/1/2019).

Sebab, debat antar paslon Pilpres bukan menguji para kandidat, namun agar kandidat mempersiapkan fakta, data, bukti, argumentasi yang berbasis rasionalitas yang disampaikan dalam acara debat, sehingga rakyat menjadi cerdas menentukan satu pilihan yang paling tepat dari sudut pandang pemilik hak suara dari dua kandidat paslon Pilpres.

Karena itu, menurut Dosen FISIP UPH, apa yang dilakukan oleh KPU sebagai terobosan baru yang baik.

Hanya saja yang disayangkan, sejatinya KPU sudah merencanakan itu dan menyampaikan kepada publik bahwa mereka membuat sejumlah pertanyaan yang akan disampaikan kepada kedua paslon Pilpres, misalnya sebulan sebelum berlangsung acara debat.

“Ini kali kedua KPU membuat keputusan yang secara substantif bagus, namun menimbulkan polemik. Sebelumnya KPU membuat peraturan melarang terpidana korupsi tidak boleh mengikuti kontestasi Pileg yang akhirnya dibatalkan oleh MA,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Emrus lagi, KPU masih “miskin” pengelolaan (manajemen) komunikasi. Ini harus segera diperbaiki di KPU.

“Jika tidak, kebijakan-kebijakan KPU ke depan berpotensi menimbulkan polemik yang seharusnya tidak perlu terjadi bila mana manajemen komunikasi dilakukan dengan sangat baik dan profesional,” pungkas Emrus. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah akses layanan perbankan Syariah bagi masyarakat, dan juga memperbesar skala bisnis Syariah

CIMB Niaga Syariah Permudah Akses Perbankan Bagi Nasabah

JAKARTA-Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (”CIMB Niaga
PT Samudera Indonesia Tbk

Konversi Utang Rp1,24 Triliun, Jaya Agra Wattie Siapkan PUT 12,45 Miliar Saham

JAKARTA-PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA) siap melakukan penawaran umum