KPU Tangsel Minta Calon Perorangan Segera Dapatkan Akun SILON

Ilustrasi

TANGERANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mewanti-wanti calon perseorangan yang hendak mengikuti pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), untuk segera meminta akun pendaftaran Sistem Informasi Calon (Silon).

“Persyaratan calon perseorangan cukup berat, harus melampirkan 71.143 ktp dan surat pernyataan dukungan oleh masyarakat. Dan bukti tersebut diberikan secara digital dengan mengupload di aplikasi Silon dan fisik dengan menyerahkan bukti KTP dan surat pernyataan ke KPU,” kata Komisioner KPU Tangsel Bidang Sosialisasi Ade Wahyu Hidayat, Rabu 5 Februari 2020.

Dia menjelaskan, pendaftaran calon perseorangan untuk Pilkada Tangsel, akan mulai dibuka pada 18 sampai 22 Februari 2020. Dengan waktu selama lima hari yang disediakan itu, cukup merepotkan calon perseorangan untuk mengupload data KTP pendukungnya yang berjumlah minimal 71.143 tersebut.

Baca :  Komisioner KPU Dalang Kebrutalan Pemilu 2014

“Maka kami persilahkan sejak Desember 2019 kemarin, bagi calon perseorangan untuk meminta akun Silon. Calon yang akan maju hanya perlu meng-SK kan LO yang ditunjuk, untuk mengambil akun silon ke kami. Sampai saat ini belum ada satupun yang meminta akun itu ke kami” ucap dia.

Akun silon dimaksud jelas Ade Wahyu, akan digunakan calon perseorangan untuk mengupload data berupa KTP pendukung calon. Selanjutnya, salinan KTP fisik pendukung diberikan kepada KPU untuk dikroscek.

“Jika sudah sama dan sesuai antara jumlah fisik dan online, selanjutnya kita lakukan verifikasi faktual dari data KTP dukungan yang diberikan,” ucapnya.

Jika semua data yang diberikan calon perseorangan sesuai syarat dan ketentuan, maka sang calon, dipastikan memperoleh tiket maju Pilkada Tangsel perseorangan.

Baca :  MRP: Pilkada Kota Jayapura Harus Diikuti Dua Pasang Calon

Ade menegaskan, pembukaan pengambilan akun Silon ini agar memudahkan calon perseorangan dalam mengupload syarat penyertaan 71 ribu KTP dukungan masyarakat 

“Kan tidak mungkin kalau baru mengambil di Tanggal 18, dan selesai dalam lima hari di tanggal 22. Karena jumlah 71 ribu itu banyak, maka kami permudah calon untuk mengupload sebelum dibukanya pendaftaran,” kata dia