Kuartal-I 2016, RPX Group Siap Jangkau Pelanggan Ritel Seluruh Indonesia

Sunday 15 Nov 2015, 8 : 58 pm
by
Direktur Utama RPX Group, David Batubara

JAKARTA-Perusahaan grup penyedia layananan pengiriman, logistik, properti, dan pelayanan agensi, RPX Group terus mengusung pasar ritel terutama dari sektor bisnis online atau e-commerce. Untuk bisa mengusung tujuan itu, perusahaan telah menggandeng toko ritel Indomaret agar lebih mudah menjangkau pasar ritel seluruh Indonesia tersebut. “Saat ini kerja sama kami dengan Indomaret masih menjangkau Jawa-Bali. Awal tahun depan (kuartal-I 2016) kami usahakan bisa menjangkau seluruh Indonesia,” ujar Direktur Utama RPX Group, David Batubara, di sela-sela acara HUT RPX Group ke-31 di Jakarta, Minggu (15/11).

Menurut dia, belakangan ini pertumbuhan sektor ritel ini cukup besar seiring pertumbuhan bisnis e-commerce. Bahkan trennya ke depan porsi ritel akan semakin besar, volumenya bisa mengalahkan porsi klien korporasi yang selama ini menjadi penyumbang terbesar perusahaan. “Kita itu memang dominan untuk pengiriman di korporasi. Revenue-nya memang yang besar di corporate. Tapi volume ritel sangat signifikan. Dibanding tahun lalu kenaikannya melebihi 100 persen,” ujar dia.

Dia menjelaskan, dengan kerja sama dengan Indomaret pihaknya ingin memanjakan pelanggan agar mudah mendapat barang kirimannya. Pelanggan tinggal menentukan posisi toko ritel Indomaret yang terdekat dari kediamannya. Dan setelah itu mereka bisa dengan mudah mengambil kiriman tersebut tanpa dikenaik biaya lainnya, alias tinggal bayar barang pesanannya ditambah ongkos kirim tentunya.

Dengan kerja sama tersebut, saat ini pengiriman paket ritel melalui Indomaret dapat tersedia di lebih 10.650 outlet Indomaret di Jawa-Bali dengan nama I-Paket “Ke depan akan menjangkau lebih luas lagi. Jadi di kuartal pertama tahun depan bisa menjangkau seluruh Indonesia,” jelasnya lagi.

Lebih hebatnya lagi dalam kerja sama ini, perusahaan mengaku tidak melakukan investasi sama sekali. Karena semua infrastruktur sudah tersedia. Outlet sudah tersebar di seluruh Indonesia, dan sistem IT juga sudah ada. Tinggal mengkoneksikan server di RPX dengan server Indomaret.

Kemudian, agar status barang yang dikirim jadi mudah diketahui, pihaknya menyediakan aplikasi RPX Mobile pada sistem di smart phone yang memang sudah berjalan selama empat tahun ini. Aplikasi ini untuk dengan mudah mengetahui status pengiriman, tarif pengiriman, dan dapat mengakses berbagai informasi tentang RPX. “Sistem pelacakan yang terperinci dan real time ini, merupakan jawaban RPX dalam menjamin keamanan dan visibilitas barang kiriman prlanggan. Sehingga, dapat mengetahui setiap detail pergerakan barang kiriman hingga sampai ke tujuan,” pungkas David. (TMY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Perkenalkan LKM Bagi UMKM

BANDA ACEH-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan melalui

Bos Pertamina Harus Ditakuti Para Mafia Migas, Termasuk Rizal Ramli Cs

JAKARTA-Peneliti Alpha Research Database, Indonesia, Ferdy Hasiman mengatakan posisi Dirut