Kunjungan Presiden Italia Bawa Kontrak Investasi USD 1,055 Miliar

Monday 9 Nov 2015, 8 : 56 pm
by
Presiden Jokowi dan Presiden Italia Sergio Mattarella menyampaikan pernyataan pers bersama, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/11)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Italia Sergio Mattarella, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/11). Kedatangan orang nomor Satu dari “Negeri Pizza’ itu disambut dengan upacara kenegaraan, dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan kedua negara.

Dalam pertemuan bilateral bersama masing-masing delegasi dari kedua negara, Jokowi mengapresiasi kunjungan Mattarella ke Indonesia. “Ini kunjungan bersejarah bagi Italia dan Indonesia. Karena ini merupakan kunjungan pertama kepala negara Italia dalam waktu 66 tahun. Saya ucapkan selamat datang kepada yang mulia Presiden Matarella, beserta seluruh delegasi,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta (9/11).

Selain menjadi kunjungan bersejarah bagi dua negara, kedatangan Mattarella juga memiliki makna penting bagi kedua negara. Khususnya dalam kerjasama bilateral yang telah terjalin sejak lama.

Dalam kunjungannya ini akan ditandatangani berbagai kesepakatan dalam bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan bidang keimigrasian. “Presiden Mattarella dan saya baru saja membahas upaya peningkatan hubungan bilateral terutama di bidang ekonomi. Saya gembira bahwa dalam kunjungan ini terdapat delegasi bisnis sebanyak 30 orang dari Italia dan akan menghasilkan total kontrak senilai kurang lebih 1,055 miliar USD,” katanya.

Nilai kontrak sebesar 1,055 miliar USD tersebut terdiri dari kerjasama baru terutama di bidang logistik energi dan infrastruktur. Serta ekspansi di bidang otomotif antara kedua negara.
“Saya gembira karena dalam pertemuan ini kita menandatangani kesepakatan bebas visa bagi pemegang paspor dinas WNI di Italia, dan juga kerjasama di bidang industri kulit, fashion, furnitur, serta pariwisata,” jelas Jokowi.

Sementara terkait kerjasama di bidang energi, menurut Presiden Jokowi, Indonesia dan Italia mencapai kesepakatan dalam industry CPO, yang pada akhir 2014 tercatat total perdagangan mencapai 4,01 miliar dollar AS.  Sementara investasi dari perusahaan Italia di Indonesia sebesar 63,02 juta dollar AS.

Di tempat yang sama, Mattarella berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia dapat terus ditingkatkan.

Menurutnya, Indonesia dan Italia merupakan negara sahaba‎t yang mempunyai hubungan yang cukup baik.  ‎”Kita percaya, kerja sama kita dapat ditingkatkan. Kita memiliki persahabatan, dan kita yakin bisa meningkatkan kerja sama dengan Indonesia,” ucap Mattarella

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Inovasi Teknologi Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

JAKARTA-Pemerintah memfokuskan pembangunan dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian

Pemerintah Dorong Pengembangan Riset Industri Hulu dan Hilir Komoditas Perkebunan Nasional

JAKARTA-Komoditas perkebunan nasional, seperti kopi, kakao, dan teh, telah menjadi