Kurangi Impor Susu dan Daging Beku Rp 37 Triliun per Tahun, Ini Kiat Mentan Amran Sulaiman

Friday 5 Jul 2024, 11 : 42 am
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (ketiga dari Kiri), Arie Triyono (keempat dari kiri), dan Didik (paling kanan) di Sleman, Yogyakarta.

YOGYAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus mengupayakan peningkatan jumlah peternak lokal di seluruh Indonesia.

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan pada impor susu dan daging beku yang nilainya mencapai Rp 37 triliun per tahun, serta untuk mengejar swasembada di sektor peternakan.

Dalam kunjungannya ke Sleman, DI Yogyakarta, akhir pekan lalu, Menteri Amran menyatakan bahwa impor besar-besaran ini hanya meningkatkan kesejahteraan peternak di negara lain.

Sementara itu, penduduk Indonesia yang berjumlah 278 juta jiwa, masih belum sepenuhnya mandiri dalam memenuhi kebutuhan daging dan susu.

“Kita akan cetak peternak lokal, stop impor,” kata Amran di sela-sela peninjauan ke CV Sahabat Ternak dan Bhumi Nararya Farm di Kelurahan Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Baca juga :  Bayar Utang ke BBNI, WIFI Tarik Pinjaman dari Bank Shinhan Rp208,96 Miliar

Amran menekankan bahwa nilai impor yang saat ini mencapai angka Rp 37 triliun merupakan kondisi yang memprihatinkan.

Ia berharap petani dan peternak Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal, agar dapat menikmati manfaat yang lebih besar, khususnya pada aspek ekonomi.

Kementerian Pertanian RI akan memberikan dukungan kepada peternak melalui insentif dan kebijakan.

“Kita bayangkan kalau kita bisa penuhi sendiri, ini uang bisa berputar. Bayangkan uang kita tidak dibelanjakan ke luar negeri. Nah ini akan kita support,” jelas Amran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

ADRO Perpanjang Periode Buyback Saham Hingga 23 Maret 2022

JAKARTA-Lantaran masih adanya sejumlah saham yang bisa dibeli kembali dari

Rakor Kanwil DJP Jabar III, Wali Kota Pastikan Sosialisasi Kepatuhan Wajib Pajak Diterapkan

BEKASI – Rapat Koordinasi Kantor Wilayah DJP Provinsi Jawa Barat