Liberalisasi Investasi ASEAN Dorong Upah Murah

Tuesday 30 Apr 2013, 5 : 40 pm
by

JAKARTA-Indonesia for Global Justice (IGJ) mengingatkan Pemerintah Indonesia untuk tidak menjadikan upah buruh sebagai komoditas investasi dalam ASEAN 2015. Hal ini karena upah buruh Indonesia masih tergolong murah sehingga Indonesia akan menjadi target ekspansi investasi asing. “Hari buruh internasional harus menjadi momentum penolakan terhadap liberalisasi perdagangan ASEAN 2015,” ujar Direktur Eksekutif IGJ, Riza Damanik di Jakarta, Selasa (30/4)

Seperti diketahui, liberalisasi investasi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) 2015 telah mengharuskan Pemerintah Indonesia untuk memberikan jaminan terhadap fasilitas dan perlindungan investasi asing, salah satunya adalah upah buruh. Dengan skema pasar tunggal dan basis produksi dalam AEC 2015 maka upah murah akan menjadi daya tarik bagi investor.

Baca juga :  Perlu Kebijakan Dukung Pengusaha Daerah

Riza Damanik, menjelaskan, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan bahan baku. Ditambah dengan upah buruh yang murah, maka dalam pasar tunggal dan basis produksi ASEAN Indonesia akan menjadi target bercokolnya investasi asing..

Diantara Negara-negara ASEAN, upah buruh Indonesia sangat kompetitif bagi investor dibandingkan Thailand dan Filipina. Berikut perbandingan upah harian minimum buruh di ASEAN, dan Indonesia berada pada posisi ke lima:

Negara ASEAN

Upah Harian Minimum Tahun 2013 (US$)

Singapura

52-58,40

Filipina

9,72-10,60

Malaysia

9,81

Thailand

9,45-10

Indonesia

5,38

Laos

4,08

Vietnam

3,20

Kamboja

2,05

Myanmar

0,58

Catatan: Brunai Darusalam tidak memiliki upah minimum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

KSP Sumbang Sejuta Masker dan Sarung Tangan ke RS Rujukan Covid-19

JAKARTA-Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko memberi bantuan sejuta masker dan

MA Lantik Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2017-2022

JAKARTA-Ketua Mahkamah Agung (MA), H. Muhammad Hatta Ali mengambil sumpah jabatan