Lion Air Lakukan Penyelidikan Intens Soal Kalajengking di Kabin

Friday 15 Feb 2019, 4 : 16 pm
by

TANGERANG-Maskapi Lion Air masih menyelidiki penemuaan binatang diduga kalajengking di kabin bagasi pesawat JT -293 rute Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru-Soekarno-Hatta, Kota Tangerang pada Kamis (14/2/2019) kemarin.

Corporate communication strategic Lion Air Grup, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, pihaknya telah menjalankan sesuai standar prosedur sebelum menerbangkan pesawat tujuan Pekanbaru-Jakarta tersebut.

“Hal itu dilakukan dengan baik, sebelum dioperasikan sehingga dinyatakan laik terbang (safe to flight),” kata Danang dalam keterangannya, jumat (15/2/2019).

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, milik Lion Air ini lanjut Danang, pihaknya sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada (19/10/2018) dan pest control pada (6/2/2019).

“Terkait dengan laporan salah satu penumpang yang menyebutkan adanya satu binatang berjenis kalajengking di bagasi kabin (head rack), sesaat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta serta perkembangan berita, atas hal ini masih dilakukan penyelidikan intens dan lebih lanjut,” kata dia.

Menurut dia, dari hasil pengamatan video ataupun gambar yang berkembang, binatang dimaksud menyerupai seekor laba-laba.

“Petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan, namun tidak ditemukan binatang tersebut,” ucapnya.

Dalam upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, hari ini pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang.

“Lion Air telah meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu,” katanya.

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi terkait layanan nomor penerbangan JT-293 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU) menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK), bahwa operasional telah dijalankan sesuai standar prosedur (SOP).

Penerbangan Lion Air JT-293 pada (14/ 02) dipersiapkan secara baik. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPK sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Anggota Lama Jadi Cagub, MPR Lantik Pengganti Antar Waktu

JAKARTA-MPR melantik 13 anggota baru dari pengganti antar waktu (PAW),

Sandi Uno Siapkan 2-3 Juta Lapangan Kerja ‘Green Jobs’

TANGERANG-Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 02 Sandiaga Uno, berjanji