Maju Capres, Mahfud MD Dekati Kiai

SURABAYA-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD  memastikan siap maju menjadi salah satu kandidat calon presiden (capres) yang bertarung dalam pilpres 2014 nanti. Kepastian ini disampaikan Mahfud sesudah bertemu dengan puluhan kiai Se-Jawa Madura, di Surabaya, Minggu (8/12).

Dalam pertemuan tertutup itu, Mahfud memastikan siap untuk maju dalam pilpres mendatang, dengan dukungan dari para kiai dan tokoh agama lainnya, khususnya di Jawa dan Madura.  “Kalau semua kiai solid, Insya Allah untuk menuju RI-1 akan lebih mudah,” ujarnya.

Dikatakan Mahfud, peran para kiai sangat strategis. Untuk itu,  putra Madura ini terus melakukan pendekatan mulai sekarang, tidak hanya di Jawa dan Madura, tapi di seluruh wilayah Indonesia.

Mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur itu mengatakan, maju sebagai RI-1 itu merupakan kewajiban, untuk membenahi kondisi yang ada sekarang. “Saya siap menawarkan untuk memimpin perbaikan itu,” jelasnya.

Selain melakukan pendekatan pada para kiai di semua wilayah Indonesia, dia juga melakukan pendekatan pada semua tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, komunitas-komunitas yang ada, termasuk akademisi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara pendekatan yang sama juga dilakukan Mahfud pada semua tokoh lintas agama yang perannya sangat strategis, untuk mendapatkan dukungan langsung dari massa pengikutnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD memperoleh skor tertinggi para tokoh yang dikategorikan sebagai opinion leader, dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Rabu (28/11). Ada lima kategori yang dirangkum dari survei LSI tersebut. Pertama, kategori tokoh yang mampu memimpin negara dan pemerintahan. Kedua, kategori tidak melakukan atau diopinikan melakukan KKN. Ketiga, kategori tidak melakukan atau diopinikan melakukan pelanggaran HAM. Keempat, kategori Jujur, amanah atau bisa dipercaya. Kelima, kategori mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan.