MAMI dan Raiz Invest Indonesia Jalin Kerja Sama Pemasaran Reksa Dana Syariah

Wednesday 18 Nov 2020, 10 : 19 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) dan PT Raiz Invest Indonesia (“Raiz”) mengumumkan secara resmi kerja sama strategis untuk memberikan solusi investasi yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah, berkualitas, serta sangat terjangkau bagi berbagai lapisan masyarakat.

Melalui aplikasi Raiz, investor bisa berinvestasi di reksa dana syariah kelolaan MAMI secara langsung dengan dana minimal Rp 10 ribu.

Selain itu, nasabah dapat melakukan investasi dengan memanfaatkan fitur Recurring (investasi berkala) dan Round-Ups (pembulatan) yang terdapat di aplikasi Raiz.

Direktur, Interim Presiden Direktur MAMI, Afifa mengatakan, pandemi Covid-19 mempercepat perubahan perilaku konsumen menjadi lebih mengandalkan transaksi digital, termasuk pada transaksi reksa dana.

Kerja sama strategis antara MAMI dengan Raiz terbentuk berdasarkan kesamaan pandangan tentang pentingnya kemudahan akses dan transaksi yang nyaman untuk berinvestasi di reksa dana syariah, termasuk bagi milenial.

“Melalui kerja sama dengan Raiz yang memiliki aplikasi investasi mikro berbasis online dan fokus menjangkau generasi milenial, kami harap akan semakin banyak generasi milenial yang menikmati peluang investasi di pasar modal syariah Indonesia,” ujarnya.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan MAMI dalam menyediakan produk investasi yang halal, berkualitas, dan sangat terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk milenial. Melalui kerja sama dengan MAMI, salah satu perusahaan manajer investasi yang terbesar dan terpercaya di Indonesia, kami yakin Raiz dapat memperluas penetrasi pasar,” ujar Fahmi Arya, CEO Raiz.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan bahwa permintaan masyarakat terhadap produk investasi syariah semakin meningkat.

Oleh karena itu, Raiz menggandeng MAMI dalam menyediakan alternatif reksa dana syariah.

Sejalan dengan pernyataan Fahmi, Justitia Tripurwasani, Director & Chief Legal, Risk and Compliance Officer MAMI sekaligus Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah MAMI mengatakan bahwa industri reksa dana syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir.

“Mengutip data dari website OJK, dalam 5 tahun terakhir, sejak akhir September 2015 hingga akhir September 2020, industri reksa dana di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, yaitu di atas 600%, jauh melampui pertumbuhan reksa dana konvensional yang tumbuh sekitar 80% pada periode yang sama.

Demikian pula dalam setahun terakhir, AUM reksa dana syariah juga masih terus mengalami pertumbuhan yang menggembirakan.

“Kami melihat masih banyak peluang pertumbuhan, mengingat semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berinvestasi secara halal,” terangnya.

Ketua Dewan Pengawas Syariah MAMI, Adiwarman Karim mengatakan, Investasi itu sama dengan menanamkan kebaikan.

“Oleh karena itu kita harus terus berinvestasi, karena dengan berinvestasi, berarti kita telah melakukan suatu kebaikan. Agar lebih berkah, berinvestasilah di reksa dana yang syariah. Berkah ini penting, karena dalam kehidupan ini, kita bukan sekedar cari keuntungan duniawi namun juga mencari keberkahan,” ulasnya.

Kini reksa dana Manulife Dana Kas Syariah (MDKS) dan Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI) telah tersedia di aplikasi Raiz.

MDKS merupakan reksa dana pasar uang dengan tingkat risiko yang konservatif.

Secara historis, MDKS cocok untuk investor yang baru mulai mencoba investasi di reksa dana, cocok bagi investor yang mencari stabilitas kinerja, dan juga cocok untuk menyimpan dana darurat yang perlu dicairkan sewaktu-waktu.

Sedangkan MSSI merupakan reksa dana obligasi (sukuk) dengan tingkat risiko dan potensi imbal hasil satu tingkat di atas MDKS.

MSSI cocok untuk investor yang memiliki tujuan investasi yang ingin dicapai dalam tiga tahun ke atas.

Horizon investasi yang lebih panjang tentunya akan ideal untuk meminimalisir risiko volatilitas pasar. Melalui investasi di reksa dana MSSI, investor dapat menikmati kemudahan investasi di beragam sukuk tanpa perlu repot, karena dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Investor dapat membeli reksa dana MDKS maupun MSSI dengan memanfaatkan fitur Recurring (investasi berkala) dan Round-Ups.

Fitur Recurring akan membangun kedisiplinan berinvestasi dengan mengatur jadwal dan jumlah dana yang akan diinvestasikan secara berkala.

Fitur Round-Ups dapat mencatat transaksi akun internet banking yang dihubungkan ke aplikasi Raiz.

Pada catatan tersebut akan dilakukan pembulatan untuk setiap nominal transaksi dan akan diakumulasi sisihan dana pembulatan tersebut untuk diinvestasikan oleh nasabah.

Fitur ini dapat memberi kemudahan bagi nasabah untuk melakukan investasi tanpa harus mengubah gaya hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sasmito: Sanggahan Fuad Soal Bank Century ‘Excellent’

JAKARTA-Ketua Lembaga Penyelidikan Ekonomi Keuangan (LPEN),  Sasmito Hadinagoro menilai  pernyataan

Ketua DPC PDIP Tangsel Tidak Sudi Pemimpin ke Depan Ditempati Terduga Pelanggar HAM

TANGSEL-Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Banten memilih melaksanakan istigasah secara