Masih Ada 16 Juta Belum Lapor SPT

Jumat 22 Feb 2013, 1 : 55 pm
by

JAKARTA-Direktorat Jenderal Pajak (DJP)  terus berupaya mendorong agar Wajib Pajak lebih banyak lagi yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak mereka. Sebab, berdasarkan data DJP, dari 24 juta WNI yang sudah mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), hanya delapan juta yang melaporkan SPT-nya. Sisanya masih menganggap NPWP formalitas belaka, sekadar memenuhi persyaratan apabila diperlukan. “Tahun lalu yang melaporkan SPT-nya hanya delapan  juta dari 24 juta wajib pajak,” kata, Kepala seksi Pengembangan Penyuluhan I Direktorat Transformasi Bisnis, Ditjen Pajak Muktia Agus Budi Santosa dalam diskusi dengan wartawan di Jakarta, Jumat (22/2).

Sebagian besar karyawan kata dia belum melaporkan SPTnya. Padahal, mereka yang mempunyai NPWP. “Memang sangat disayangkan. Mereka sudah mempunyai NPWP tetapi tidak melaporkan SPT-nya. Padahal, negara ini bisa jalan terutama karena adanya penerimaan dari pajak,” tutur Muktia.

Salah satu langkah yang ditempuh oleh Ditjen Pajak untuk mendorong para karyawan lebih aktif lagi melaporkan SPT-nya, adalah dengan menyediakan aplikasi e-fiiling untuk penyampaian SPT lewat internet menggunakan situs Ditjen Pajak, yakni www.pajak.go.id.

Tahun ini Ditjen pajak menargetkan 4 juta wajib pajak akan melaporkan SPT-nya melalui aplikasi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Larang Ekspor Minyak Goreng dan Bahan Bakunya Mulai 28 April 2022

JAKARTA-Pemerintah telah memutuskan kebijakan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng

Kemendag Gelar Atambua Internasional Expo 2023 di Marketing Point Motaain

ATAMBUA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di perbatasan