Mastercard: Kondisi Pandemi Covid-19 Percepat Implementasi Transaksi Digital

ilustrasi

JAKARTA-Country Manager PT Mastercard Indonesia, Navin Jain menilai, kondisi pandemi Covid-19 telah menpercepat pengadopsian kebiasaan pembayaran digital dan nontunai pada konsumen.

“Perubahan perilaku melakukan pembelian secara online diprediksi akan bertahan lama, bahkan hingga pandemi berakhir. Studi terbaru menunjukkan bahwa hampir 60 persen konsumen telah mencoba sebuah metode belanja digital baru,” ujar Navin di Jakarta, Kamis (10/9).

Dia menyebutkan, saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan pembayaran nontunai, agar tetap aman dan bisa mengurangi kontak fisik.

“Mastercard senang dapat bekerja sama dengan BCA dalam memungkinkan kartu debit Mastercard sebagai alat pembayaran online berbagai transaksi di marketplace dan app store hingga berlangganan berbagai layanan,” tuturnya.

Baca :  BNI Syariah Kelola Gaji Karyawan dan Dosen Undip

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), Santoso mengatakan, saat ini digitalisasi mendominasi berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya di tengah tantangan Covid-19.

Dia menyatakan, digitalisasi menawarkan masyarakat pada kemudahan, kenyamanan dan kecepatan.

“Oleh sebab itu, BCA menghadirkan tiga fitur digital yang memudahkan nasabah di Tanah Air untuk bertransaksi finansial dengan mudah, aman, nyaman,” ucap Santoso.

Tiga fitur ini antara lain, QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk membayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS. Selain itu, QR di BCA mobile memudahkan nasabah untuk membayar belanja tanpa sentuhan di berbagai merchant yang bekerja sama dengan BBCA.

Baca :  Survei BESM ke-24, ATM BTN Paling Prima

Fitur kedua adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM.

Ketiga adalah fiturĀ Debit Online yang bisa memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online.

Fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan, yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas. Selain itu, nasabah bisa mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile.

“Sejalan dengan komitmen kami untuk Senantiasa di Sisi Anda, BCA terus bertransformasi menjadi institusi keuangan yang aware terhadap kebutuhan nasabah yang dinamis serta perkembangan digitalisasi. Kami akan terus menciptakan inovasi mutakhir digitalisasi perbankan yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat,” tutur Santoso.