Masyarakat Diaspora NTT Bertekad Menjaga Kebhinekaan

Friday 11 Nov 2016, 5 : 07 pm
by
Masyrakat dispora NTT saat deklarasi Merawat Kebhinekaan di Jakarta, Jumat (11/11)

JAKARTA – Masyarakat diaspora dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tinggal di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok (Jabodetabek) bertekad menjaga dan merawat kebhinekaan atau kemajemukan bangsa ini.

Alasannya, Bhineka Tungggal Ika adalah salah satu harga mati bangsa ini yang harus dijaga, selain Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami warga NTT adalah bagian dari republik ini. Bangsa ini sudah menganut Bhineka Tunggal Ika. Kami memandang kebhinekaan Indonesia yang termanifestasi dalam pancasila sudah final. Kami siap menjaga dan merawatnya serta melawan upaya-upaya pemecahbelah,” kata Anggota DPR RI asal NTT, Melchias Marcus Mekeng dalam deklarasi Merawat Kebhinekaan di Jakarta, Jumat (11/11).

Baca juga :  Airin Diany Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Stasiun Rawa Buntu

Hadir pada acara itu tokoh-tokoh diaspora NTT, baik dari kalangan Muslim, Katolik dan Protestan. Diantaranya Jou Hasyim Wajmahing, Petrus Selestinus, Honing Sani, Gega Kasim, Marsel Ado Wawo, Hadi Djawas dan Zakarias Sabon.

Mekeng menjelaskan para pendiri bangsa ini sudah dengan susah payah meletakkan kebhinekaan sebagai satu dasar keberadaan bangsa ini.

Mantan Presiden Soekarno melahirkan ide Pancasila untuk pertama di kota Ende, propinsi NTT.

Dengan pengakuan kebhinekaan maka bangsa ini bisa hadir seperti sekarang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

GoodWe Manfaatkan Teknologi Pintar Untuk Mendorong Transmisi Energi Global

JAKARTA-GoodWe melakukan perubahan merek sejalan dengan evolusi ruang energi baru

Tiket.com Siapkan Startegi Genjot Wisatawan

JAKARTA-Guna menggenjot jumlah wisatawan ke Indonesi, pemerintah tak bisa berjalan