Memberatkan Murid, Disdikbud Rilis SOP Belajar di Rumah

Tuesday 31 Mar 2020, 12 : 58 pm
by
Kepala Dindikbud Kota Tangsel Taryono

TANGERANGDinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menerima banyak keluhan para orang tua dan murid, dalam pelaksanaan Kegiatan Belajarar dan Mengajar dari rumah, dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Kami telah melakukan evaluasi kegiatan belajar siswa dan mengajar guru dari rumah. Pada awal pelaksanaan Belajar di rumah yang dilaksanakan pada minggu pertama, ada beberapa masukan dan keluhan baik dari orangtua siswa maupun siswanya sendiri,” ungkap Kadisdikbud Tangsel, Taryono Selasa 31 Maret 2020.

Adapun keluhan para siswa dan orangtua, berkaitan dengan model belajar dan mengajar dari rumah, yang dirasakan berbeda dengan kebiasaan di sekolah. Selain, murid menganggap, sekolah terlalu membebani siswa ketika, melakukan belajar dari rumah.

“Mereka mengatakan terlalu banyak tugas, tidak begitu menyenangkan. Intinya seperti itu,” jelasnya. 

Atas keluhan itu, Disdikbud Tangsel, mengaku telah mengeluarkan standar operasional prosedur (SOP) belajar dari rumah, sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud nomor 4 tahun 2020.

Menurut Taryono, kegiatan belajar dari rumah adalah proses pembelajaran jarak jauh, yang meningkatkan partisipasi siswa dan mendorong kreatifitasnya dalam suasana menyenangkan.

“Belajar di rumah bukan pemberian tugas atau pekerjaan rumah,” tegas Taryono.

Menurut dia, ada beragam media yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan model belajar mengajar jarak jauh.

“Pembelajaran jarak jauh melalui media online, seperti google clasaroom, whatsapp, dan lain-lain. Atau sumber belajar dari berbagai laman pembelajaran online seperti rumah belajar, ruang guru, dan lain-lainnya,” ucap dia.

Saat ini menurut dia, para siswa sudah tidak lagi merasa terbebani dengan model belajar seperti itu. Siswa juga merasakan kesenagan belajar dari rumah. 

“Tinggal guru dan orang tua bagaimana mengatur kedisiplinan siswa belajar dari rumah,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Triwulan I-2016, Akses Terhadap Kredit Perbankan Lebih Mudah

JAKARTA-Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia

Gandeng BC Asia Pacific, Bank DKI Genjot Bisnis Pembayaran Digital

JAKARTA-–Bank DKI kembali memperluas kolaborasi sebagai upaya optimalisasi kinerja bisnis