Memilih Zulkifli Hasan Sama Dengan Mempertahankan Status Quo

Friday 6 Dec 2019, 3 : 25 pm
by
Ketum PAN, Zulkifli Hasan

JAKARTA – Persaingan memperebutkan Kursi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 mulai panas.

Sejumlah bakal calon mulai melakukan manuver politik guna menarik dukungan DPW dan DPD PAN.

Peneliti Senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan PAN harus menciptakan perubahan dengan membuka ruang bagi pemimpin baru.

Hal ini penting agar partai berlambang matahari itu bisa keluar dari posisi sebagai partai tengah yang stagnan dan bahkan cenderung mengecil.

“Kalau PAN ingin kuat dan besar serta bisa bersaing dengan parpol lain, maka menciptakan perubahan dengan membuka ruang bagi pemimpin baru itu sebuah keharusan,” tegasnya.

Menurutnya, mempertahankan pemimpin yang ada sekarang untuk tujuan membesarkan partai jelas bukan langkah yang strategis karena kecenderungan pemimpin jika diberikan kekuasaan yang lama akan memoertahankan status quo.

Baca juga :  Bawaslu Tangsel Pertanyakan Hasil Coklit

“Maka ketua harus diberikan pada orang baru yang mampu membangkitkan semangat untuk menyongsong masa depan partai dengan cerah,” ujarnya.

Lucius mengatakan kepemimpinan yang kuat menjadi sebuah kebutuhan parpol-parpol yang ada saat ini untuk bisa mengembangkan parpol, memperkuat fondasi organisasi partai, dan mempersiapkan parpol untuk meraih tahta kekuasaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Yayasan Fathimah Binti Said Gauzan Bangun Sekolah Internasional di Sumenep

SUMENEP-Yayasan Fathimah Binti Said Gauzan membangun sekolah bertaraf internasional, Fathimah
Puan Maharani, PDIP, Ketua DPR RI, Cucu Bung Karno

Puan Akan Cek Harga Sembako Hingga Resmikan Program Air Bersih di Jateng

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani akan melakukan kunjungan kerja selama