Menag Minta Jemaah Haji Jaga Kesehatan

Friday 21 Aug 2015, 3 : 38 pm
by

JAKARTA-Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta jemaah Indonesia untuk dapat menjaga kesehatannya setiba di tanah suci, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan baik dan semaksimal mungkin. Apalagi, rangkaian ibadah haji berlangsung cukup lama, dan akan menguras stamina.
Demikian disampaikan Lukman Hakim Saifuddin saat melepas keberangkatan jamaah haji kloter I dari embarkasi Pondok Gede, Jakarta, Jumat (21/8). Menag juga didampingi Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.
Menag meminta jemaah haji agar jangan terlalu memforsir atau memaksa diri dalam melakukan amalan-amalan utama saat berhaji, apalagi melakukan aktivitas yang merugikan kesehatan, misalnya kurang istirahat atau kurang konsumsi makanan sehat. “Apapun amalan haji adalah ibadah. Jangan pernah lupa dengan niat awal kita pergi ke Tanah Suci, karena kita sedang akan beribadah. Puncaknya, wukuf,” kata Menag.
“Selamat menuju Madinah. Sampaikan salam kami kepada Rasulullah, ketika berada di Nabawi”, ucap Menag lagi.
Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo mengatakan, Garuda Indonesia akan menerbangkan 83.175 jemaah calon haji secara serentak melalui tujuh embarkasi dari total sembilan embarkasi yang dilayani. “Kami telah melakukan persiapan dan koordinasi baik internal maupun dengan berbagai pihak terkait agar pelaksanaan penerbangan haji ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Arif.
Arif menyebutkan tujuh embarkasi tersebut, di antaranya Makassar, Jakarta, Solo, Padang, Lombok, Medan dan Balikpapan (menuju Madinah).
Menurut Arief, penerbangan kloter pertama dari dua embarkasi lainnya, yaitu embarkasi Banjarmasin akan dimulai pada 7 September, dan embarkasi Banda Aceh 9 September (menuju Jeddah). “Pelaksanaan fase pertama (Keberangkatan) penerbangan haji tahun 2015/1436H ini dimulai pada 21 Agustus hingga 17 September 2015,” katanya.
Fase kedua (pemulangan) akan dilaksanakan pada 28 September hingga 25 Oktober 2015. Pada tahun 2015 ini, Arif mengatakan, penerbangan langsung ke Madinah dan ke Jeddah dilayani dari seluruh embarkasi haji yang berjumlah sembilan embarkasi, antara lainnya adalah embarkasi Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.
Dia menyebutkan jumlah jemaah calon haji tahun ini lebih banyak dibandingkan jumlah jemaah tahun lalu (2014/ 1435H) sebanyak 83.144 jemaah.
Dalam pelaksanaan penerbangan haji tahun 2015/1436H ini, Garuda Indonesia mengoperasikan 11 pesawat yang terdiri dari 6 pesawat A33-300 (kapasitas 360 seat), empat pesawat B-747 (kapasitas 455 seat) dan 1 B-777 (kapasitas 393 seat). Pesawat-pesawat tersebut rata-rata berusia muda dan di antaranya diproduksi pada 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BMP Papua Puji Kinerja 2 Tahun Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA-Barisan Merah Putih (BMP) memuji kinerja selama 2 tahun pemerintahan

Adaptasi Model Teror JAD dan Prediksi Kekuatan Paska Bom Surabaya

Oleh: Stanislaus Riyanta Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah kelompok radikal