Mendag: Ekspor Baja Tempati Peringkat ke-4 Dunia

Wednesday 10 Jul 2024, 10 : 52 pm
by
Mendag menyampaikan, Kementerian Perdagangan terus berkomitmen untuk mendukung dan melindungi industri besi baja nasional, salah satunya adalah melalui upaya pengendalian impor dengan melakukan pembatasan impor untuk produk besi baja tertentu.

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bangga atas kinerja ekspor besi dan baja Indonesia.

Ekspor dari industri baja nasional menempati posisi ke-4 dunia.

Karena itu, industri baja memberikan andil besar pada stabilitas perekonomian nasional.

Pemerintah akan terus mendukung upaya industri besi dan baja sebagai produk andalah ekspor Indonesia di masa yang akan datang.

“Industri besi dan baja Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia. Pada 2023 nilai ekspor besi baja kita USD 26,70 miliar, mengalami peningkatan 261,49 persen dari tahun 2019 yang tercatat sebesar USD 7,39 miliar,” tegasnya.

Penegasan itu disampaikan Zulkifli Hasan saat memberikan pidato kunci dalam Seminar Nasional dan Pameran Rantai Pasok Konstruksi Baja, serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) di Jakarta, Rabu, (10/7).

Baca juga :  Produk Mamin dan Horeka Indonesia Catat Transaksi Potensial Rp150 Miliar

“Baja menjadi andalan ekspor Indonesia. Baja terus menjadi komoditas pembangunan infrastruktur dan mendorong industri manufaktur di dalam negeri, seperti Ibu Kota Nusantara (IKN). Di sisi lain peran industri baja memberikan perekonomian yang stabil,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pertumbuhan industri dan ekspor besi dan baja Indonesia berkembang sangat pesat pada lima tahun terakhir (2019—2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

DPR Pertanyakan Pengurangan Jadwal KA Argo Parahyangan, Demi Whoosh?

LUMAJANG–Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi  (Partai Keadilan Sejahtera (PKS),
pembaruan data penerima Bansos Tunai di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap digunakan dalam penyaluran.

Mensos: Bansos Tunai dan PKH Ditambah Beras 10 Kilogram

JAKARTA-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan setiap penerima Bantuan Sosial