Menkes RI Resmikan UPP BBTKLPP Surabaya

SURABAYA-Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi meresmikan secara langsung Unit Pelayanan Prima (UPP) Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya. UPP yang sebelumnya adalah Unit Pelayanan Tehnik (UPT) merupakan satu dari 18 instalasi yang ada di BBTKLPP Surabaya dan bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk jasa pengujian kualitas lingkungan. Sarana penunjang yang dimiliki UPP meliputi Sistim Informasi dan Data, Pojok ASI, Perpustakaan, Kantin, Air Siap Minum, dan Musholla.

Perubahan UPT menjadi UPP ini sebagai bagian komitmen Pemerintah dalam menggenjot pelayanan yang profesional kepada masyarakat serta bebas dari praktek-praktek korupsi. UPP ini sendiri berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan tersebut meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Perubahan yang ingin dicapai UPP ini nantinya adalah pengurangan waktu penyelesaian hasil uji sampai dengan 30 %, yang selama ini kemungkinan besar maih jauh dari harapan masyarakat Surabaya. Selain itu, UPP akan melatih dan menempatkan petugas yang professional, memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP), mengaktifkan sistem informasi pelayanan, pengambilan contoh uji lapangan, dan klinik konseling sanitasi. Langkah awal yang sudah dicapai dimana BBTKLPP Surabaya telah dinilai oleh Tim Penilai Independen dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara sebagai Unit Pelayanan Prima dan telah diassessment oleh Inspektorat Jenderal sebagai  UPT  percontohan Wilayah Bebas Korupsi.

Untuk diketahui pada awal berdirinya, BBTKLPP Surabaya menjadi laboratorium rujukan pengujian kualitas air dengan melayani sampel uji sebanyak 22 ribu dengan rata-rata 1900 sampel setiap bulan. Sampel uji yang diperiksa yaitu air secara kimia fisika dan mikrobiologi, limbah, udara, radiasi, tanah,  makanan minuman, benthos/plankton, dan flora fauna. UPP juga  menyumbang Penerimaan Negara Bukan pajak (PNBP).

Sebagai Laboratoium Rujukan, Laboratorium BBTKLPP Surabaya telah menerima akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Laboratorium Pengujian Nomor LP-241-IDN dan Laboratorium Kalibrasi LK-144-IDN. Bersama-sama Sucofindo dan Jasa Tirta ditunjuk sebagai laboratorium lingkungan rujukan Propinsi  Jawa Timur berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur
No. 188 tahun 2012. BBTKLPP Surabaya juga menjadi laboratorium rujukan sub regional H5N1 karena salah satu instalasinya, yaitu Instalasi Bioteknologi, Media Lingkungan, dan Biomarker yang salah satu unggulannya adalah analisa menggunakan PCR. Antara lain untuk penyakit AI, DBD, Leptospirosis, dan Pes.