Menkeu: APBN Salurkan Rp6 Triliun Untuk Pembiayaan Rumah

Thursday 27 Jun 2024, 9 : 47 pm
by
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Foto : Humas Kemenkeu

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2024 telah menyalurkan dana senilai Rp6 triliun untuk pembiayaan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Untuk perumahan, APBN kontribusinya sangat besar. Untuk tahun ini, kami telah mencairkan FLPP sebesar Rp6 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dipantau secara daring di Jakarta, seperti dikutip ANTARA, Kamis (27/6).

Hasil dari penyaluran anggaran tersebut yaitu 78.733 unit rumah yang dimanfaatkan oleh MBR dengan nilai Rp9,56 triliun.

Dengan demikian, sejak dilaksanakan pada 2010 hingga 31 Mei 2024, program FLPP telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.477.312 unit rumah dengan nilai penyaluran mencapai Rp136,2 triliun.

Baca juga :  18 Negara Tawarkan Bantuan ke Indonesia

“Ini perlu dipahami masyarakat, bahwa APBN sudah hadir lebih dulu dengan jumlah yang sangat besar untuk sektor perumahan,” ujar Menkeu.

Dana FLPP merupakan dana bantuan pembiayaan perumahan yang telah digulirkan oleh pemerintah sejak tahun 2010 bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memperoleh kemudahan memiliki rumah pertamanya.

Melalui FLPP, MBR memperoleh fasilitas bantuan pembiayaan perumahan dengan fitur suku bunga tetap 5 persen, uang muka ringan, dan jangka angsuran yang panjang hingga 20 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

MLPL dan GoTo Group akan berpartisipasi dalam peningkatan modal MPPA. MLPL sebagai induk dari MPPA yang memiliki bisnis ritel, merupakan investor strategis yang ada pada titik temu sektor digital dan konsumen.

Anak Usaha Multipolar Technology Raih Fasilitas Pinjaman Rp162,6 Miliar

JAKARTA-PT Visionet Data Internasional (VDI), anak perusahaan PT Multipolar Technology

Fahri : Calon Independen Jangan Seenaknya Sendiri

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengusulkan adanya formulir seragam