Menkeu Berharap MBR Lebih Mudah Mendapat Akses Pembiayaan Sejuta Rumah

Thursday 19 Sep 2019, 7 : 33 pm
by
MBR
Menkeu, Sri Mulyani

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berharap kebijakan fiskal yang dibuat pemerintah memudahkan masyarakat berpendapatan rendah (MBR) dapat lebih mudah mengakses pembiayaan perumahan untuk program sejuta rumah.

“Program sejuta rumah pada APBN masuk melalui berbagai saluran seperti insentif pajak, subsidi selisih bunga, subsidi bantuan uang muka untuk masyarakat berpendapatan di bawah Rp5 juta agar bisa mulai mencicil rumah dengan bunga yang sangat rendah,” ujar Menkeu pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Properti Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Hotel Intercontinental Jakarta pada Rabu, (18/09).

Tidak hanya itu, pada acara yang bertema “Keselarasan Regulasi dan Insentif Bagi Industri Properti Guna Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi” ini, pemerintah pun menyiapkan dana bergulir agar bank bersedia meminjamkan karena 90% uang yang disimpan dalam bank tersebut adalah uang pemerintah.

Ia juga mengatakan dana bergulir tersebut akan dipenuhi melalui mekanisme anggaran yang baik.

“Untuk Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) kemarin dengan Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) sudah tetapkan pengurusnya. Strateginya sudah diapproved dan transisi dari Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil) ke Tapera dari pemindahan aset dan lain-lain juga sudah dilakukan. Kita harap mereka sudah bisa jalan,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Produk Udang dan Ikan Beku Raup Rp 49,4 Miliar di CIAPE 2016

JAKARTA-Upaya Kementerian Perdagangan mendobrak pasar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berbuah
kuasa hukum ahli waris menolak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai eksekutor atas putusan Pengadilan.

Tolak Intervensi, Ini Surat Edi Danggur ke Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta

JAKARTA-Sengketa kepemilikan lahan antara ahli waris Mangkusasmito Sanjoto dengan PT