Menko Luhut: Jika Reklamasi Ditunda, Penurunan Jakarta Akan Terus Berlanjut

Thursday 14 Sep 2017, 7 : 54 am
by
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan

JAKARTA-Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan proses reklamasi pulau C dan D karena 11 persyaratan yang diminta oleh Kementerian LHK telah dipenuhi.

“Mengenai Pulau G sedang difinalisasi, kita berharap minggu depan selesai. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengeluarkan atau tidak membolehkan proses disana,”  ujarnya dalam pertemuan dengan wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Rabu (13/09).

Menurutnya, konsep secara menyeluruh sudah disajikan. “Kalau masalah NJOP itu secara teknis diatur oleh Pemda (DKI) tapi setelah saya dalami ternyata Pemda akan dapat 15% dari reklamasi itu dan nilainya hampir Rp 77,8 triliun. Dana ini akan digunakan untuk membangun giant sea wall,yang mau tidak mau harus dibangun agar Jakarta tidak mendapat masalah nantinya. Kalau ditunda, penurunan Jakarta akan terus berlanjut,” katanya.

Menko Luhut mengaku telah berusaha mengundang pihak-pihak yang menentang untuk bertemu dan mendengar apa yang menjadi keberatan mereka.

Hal ini penting agar semua proses dijalankan dengan transparan dan tidak ada yang ditutupi.

Ia meminta pihak-pihak yang berkeberatan bahkan ada tuduhan pemerintah menerima uang triliunan untuk datang kepadanya sambil membawa bukti-bukti.

“Tidak ada kepentingan kami membela si polan, ada yang bilang terima 10 triliun, coba saja silakan buktikan.” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bantu PUPR, BTN Serahkan 16.000 Masker dan 400 Botol Handsanitizer

JAKARTA-Kepala Divisi Subsidized Mortgage Lending Division PT Bank Tabungan Negara

Pencapaian Baru 17% Dari Target, Pansus BLBI DPD Ragukan Kinerja Satgas BLBI

JAKARTA-Kinerja Satuan Tugas Penagihan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas