Menko Luhut: Percepat Pembangunan KSPN Labuan Bajo  

Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula tengah berbincang dengan Menko Maritim, Luhut B Pandjaitan

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memerintahkan jajarannya untuk mempercepat proses pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Hal ini disampaikan Menko Luhut saat Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan pembangunan KSPN Labuan Bajo di Jakarta, Kamis (11/1).

Selain Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Rakor ini juga dihadiri Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula.

“Saya minta saudara-saudara dari kementerian / Lembaga untuk segera meninjau dan membuat perencanaan serta usulan kegiatan dalam rangka mempercepat penataan dan pembangunan Pariwisata prioritas nasional Labuan Bajo,”  tegas Luhut.

Sebelum memberikan arahan, dalam rakor tersebut disajikan laporan hasil survey kondisi pariwisata Labuan Bajo oleh tim Kecil yang diperintah langsung oleh Menko Kemaritiman.

Baca :  Di Labuan Bajo, Menpar Berikan Hadiah Pemenang Starup WSA 2019 di Atas Pinisi

Selain presentasi hasil survey lapangan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang mendampingi Menko Kemaritiman juga menyampaikan paparan kesiapan agenda kunjungan wisata peserta Annual Meeting IMF/World Bank pada bulan Oktober 2018 yang akan datang.

Lebih lanjut, Menko Luhut  memerintahkan kementerian / lembaga terkait untuk mengagendakan kunjungan dan rapat koordinasi langsung di Labuan Bajo dalam 2 minggu kedepan.

Hasil rapat itu nantinya akan dilaporkan dalam rapat koordinasi berikut yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2018 mendatang.

“Saya kira 3 – 4 hari cukup untuk melakukan kunjungan, survey dan koordinasi di Labuan Bajo supaya segera dibuatkan laporan ke saya tanggal 30 Januari,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Menko Kemaritiman atas perhatian pemerintah pusat yang berencara menyelenggarakan rapat koordinasi khusus, terlebih lagi dengan langsung diperintahkan untuk melakukan koordinasi strategis ke Labuan Bajo.

Baca :  Hadiri Festival Api Pulau Sangiang, Doktor Hermawan Disambut Hangat Masyarakat Wera

“Sebagai Bupati dan juga mewakili masyarakat Manggarai Barat, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Menko Kemaritiman serta seluruh perwakilan dari kementerian terkait. Pemda siap membantu berbagai hal yang dibutuhkan demi kelancaran agenda-agenda percepatan penataan dan pembangunan pariwisata Labuan Bajo,” ujar Bupati Gusti.

Ditempat yang sama, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga menyampaikan bahwa Destinasi Prioritas Labuan Bajo selalu menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. ”Bapak Presiden sudah mengingatkan saya dan Menteri PUPR untuk memperhatikan Labuan Bajo. Presiden menyampaikan bahwa Labuan Bajo itu adalah TOP OF FOUR Destinastion di Indonesia,” imbuhnya.

Secara terpisah, Person In Charge (PIC) Pemerintah Daerah Manggarai Barat di Jakarta Matias Mboi, yang intens melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman menambahkan bahwa dalam waktu singkat ini, pihak Kemenko Kemaritiman akan mengundang kementerian/Lembaga terkait utk melakukan rapat khusus persiapan kunjungan lokasi.

Baca :  Anggaran Infrastruktur di 5 KSPN Super Prioritas Naik Jadi Rp 7, 1 Triliun

“Saya sudah diinfokan oleh pihak kemenko maritim bahwa minggu depan akan dilakukan beberapa rapat teknis sesuai sektor dengan kementerian terkait untuk mengidentifikasi dan membuat skala prioritas sebelum minggu berikutnya turun ke Labuan Bajo untuk melihat langsung lokasi sesuai tupoksi masing-masing instansi sekaligus melakukan rapat koordinasi disana,” pungkasnya.