Menperin Izinkan Impor Barang Modal Bekas

Tuesday 5 Apr 2016, 1 : 39 pm
by

JAKARTA-Kementrian Perindustrian (Kemenperin) mengizinkan dilakukan impor barang modal bekas sepanjang memenuhi persyaratan.  Hal ini diharapkan  bisa menjadi modal usaha untuk menghasilkan sesuai yang masih layak dipakai atau untuk rekondisi dan remanufacturing.

Persyaratan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 tahun 2016 tentang Kriteria Teknis Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru, yang ditandatangani oleh Menperin Saleh Husin pada 23 Februari 2016 lalu, dan telah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Ekatjahjana, pada 25 Februari 2016. “Permenperin ini diterbitkan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru,” bunyi siaran pers Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Jakarta, Selasa (5/4).

Menperin Saleh Husin mengatakan, barang modal yang dimaksud adalah barang sebagai modal usaha atau untuk menghasilkan sesuatu yang masih layak dipakai atau untuk direkondisi, remanufakturing, difungsikan kembali dan bukan skrap. “Oleh karena itu, impor barang modal bekas dapat dilakukan oleh perusahaan pemakai langsung, perusahaan rekondisi, dan perusahaan manufacturing,” tuturnya.

Sementara itu, daftar barang modal bekas yang dapat diimpor meliputi untuk kebutuhan kelompok industri alat transportasi darat, industri maritim, industri elektronika dan telematika, serta industri permesinan. Secara lengkapnya, daftar barang modal yang ditentukan berdasarkan pos tarif telah dilampirkan dalam permenperin ini, yang dapat diunduh melalui website Kementerian Perindustrian: www.regulasi.kemenperin.go.id. “Barang modal itu di antaranya memiliki pos tarif atau kode HS: 84, 85, 87, 89, dan 90,” sebut Menperin dalam beleid tersebut.

Menperin menambahkan, khusus barang modal bekas untuk industri alat transportasi darat, dapat diimpor apabila berusia maksimal 15 tahun. “Selain itu, impor generator dan alternator hanya diberikan untuk tujuan ekspor,” tegasnya.

Dalam Permenperin ini juga menyebutkan, perusahaan yang diperbolehkan impor barang modal bekas, diantaranya wajib memiliki izin usaha industri, profil perusahaan, rencana dan alasan pemanfaatan barang modal bekas, fasilitas mesin dan peralatan yang sesuai dengan jenis produksinya, jaminan garansi, serta sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

Di samping itu, perusahaan pemakai langsung yang termasuk dalam kelompok industri permesinan dan sudah berproduksi, juga diwajibkan memiliki laporan produksi dua tahun terakhir. Sedangkan, perusahaan pemakai langsung yang termasuk dalam kelompok industri maritim, juga diwajibkan memiliki sertifikat pembuatan kapal (builder certificate) dan sertifikat tonase kotor kapal (gross tonnage certificate).

“Selanjutnya, salinan bukti syarat-syarat tersebut perlu disampaikan kepada Kementerian Perdagangan pada saat pengajuan permohonan persetujuan impor,” ujar Menperin.

Laporan itu juga wajib dilengkapi pertimbangan teknis dari Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE). Saat proses penerbitan persetujuan impor, syarat-syarat administratif yang diwajibkan itu disertakan di dalam laporan hasil survei. Permenperin ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan yaitu pada 25 Februari 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aminurrohman: Saya Punya Hubungan Spesifik dengan Said

SURABAYA-Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Said Abdullah terus melakukan sosialisasi

Uni Eropa Promosikan Buah Persik Kalengan Berkualitas Tinggi

HANOI– Dalam kampanye bertajuk “Peach Flavours Asia”, Uni Eropa bertujuan