Menperin: Lotte Chemical Tambah Investasi Jadi USD 4,3 Miliar

Selain itu, dibutuhkan infrastruktur, antara lain jaringan transportasi dan pelabuhan, perlunya penguasaan riset dan pemanfaatan teknologi terkini, serta ketersediaan SDM kompeten sebagaimana telah ditetapkan dalam strategi implementasi Making Indonesia 4.0.

Dalam upaya memasok tenaga kerja yang kompeten, Kemenperin memfasilitasi pembanguan Politeknik Industri Kimia di Cilegon. Dalam proyek pembangunan infrastukturnya, diproyeksi PT. Lotte Chemical Indonesia menyerap tenaga kerja langsung hingga 1.500 orang dan tenaga kerja tidak langsung mencapai 4.000 orang hingga tahun 2023.

Pada pertemuannya dengan Menperin Agus di Seoul, Kepala Unit Bisnis Lotte Chemical Kim Kyo Hyun menyampaikan, keputusan untuk menambah investasi karena mengingat Indonesia masih membutuhkan cukup banyak produk-produk petrokimia sehingga menjadi substitusi impor.

Baca :  DPD RI Ajak Investor Meksiko Garap Ekonomi Kreatif

“Jadi, kami membangun pabrik petrokimia itu untuk menggantikan barang-barang impor yang selama ini dilakukan supaya bisa diproduksi di dalam negeri,” tandasnya.