Menperin Tantang Pabrikan Otomotif Produksi Transmisi

Monday 25 Jul 2016, 3 : 42 pm
by
Menperin Saleh Husin berbincang dengan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Mr. Nonami

KARAWANG-Perkembangan industri dan investasi otomotif dalam beberapa tahun terakhir sangat positif bahkan mengalami peningkatan.  Salah satunya, dirilisnya produk kendaraan bermotor baru All New Sienta produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Namun demikian, Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meminta pabrikan meningkatkan pendalaman industri otomotif yaitu produksi transmisi.

Langkah itu sebagai kelanjutan dari kemampuan industri otomotif di Indonesia memproduksi mesin dan komponen kendaraan bermotor. “Pemerintah sangat mendukung upaya pelaku industri otomotif memproduksi dan memasarkan produk-produk baru. Setelah mampu membuat mesin dan komponen, saya minta industri melangkah lebih lanjut. Untuk Toyota, saya minta Toyota Motor Manufacturing Indonesia bisa memproduksi transmisi di Indonesia. Tantangan lainnya ialah memproduksi kendaran lebih banyak dari Thailand,” tegas Menperin pada peresmian peluncuran All New Sienta produksi PT TMMIN di Karawang, Senin (25/7).

Dengan penguasaan pasar otomotif di Indonesia hingga 32 persen, Toyota dan mitranya juga diharapkan menambah produksi kendaraan global untuk ekspor. Hal ini penting karena mempercepat pengembalian investasi yang telah ditanamkan dan membantu Indonesia mengurangi defisit perdagangan otomotif.

Pemerintah Indonesia juga bertekad menjaga, meningkatkan dan menyempurnakan iklim usaha agar para investor memiliki kepastian berusaha yang lebih baik dalam menyusun pengembangan industrinya secara lebih terukur dan terencana. Berbagai paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan sejak akhir tahun 2015 akan semakin meningkatkan iklim usaha yang ada dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan investor untuk masuk ke Indonesia.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan memastikan, pihaknya terus mendukung upaya Toyota meningkatkan penggunaan produk dan jasa enjiniring lokal dalam kegiatan produksinya. “Juga dalam pendayagunaan peningkatan sumber daya manusia insan otomotif Indonesia sehingga dapat menambah kontribusinya dalam mendukung perekonomian nasional,” ulasnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager Officer Toyota Motor East Japan Inc Mitsuo Ookubo mengatakan Indonesia telah memainkan peran penting dalam produksi dan ekspor Toyota baik kendaraan, mesin dan komponen. “Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Sienta dan ini pengalaman pertama kalinya Toyota Compact Car Company mendukung produksi di luar Jepang. Ke depan, Toyota akan terus berkontribusi maksimum pada industri otomotif Indonesia,” katanya.

Adapun total nilai investasi pengembangan produksi mobil All New Sienta di Karawang Plant sebesar Rp 2,5 triliun dengan kapasitas produksi mencapai 4.000 unit per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Trans Power Marine Melaba US$16,69 Juta pada 2023

JAKARTA – PT Trans Power Marine Tbk (TPMA) melaba US$16,69

Presiden Minta Sengketa Tanah Diselesaikan Agar Tak Hambat Investasi di Labuan Bajo

LABUAN BAJO-Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur