Meski Dijegal AS, China Tetap Surplus Perdagangan US$26,89 Miliar

Monday 10 Jun 2019, 2 : 52 pm
Neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Agustus 2021 secara keseluruhan mencatat surplus 19,17 miliar dolar AS, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun 2020 sebesar 10,96 miliar dolar AS
Ilustrasi

BEIJING – Surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat meningkat menjadi 26,89 miliar dolar AS pada Mei, dari 21,01 miliar dolar AS pada April, data kepabeanan China menunjukkan pada Senin, (10/6/2019).

Dengan demikian surplus perdagangan China dengan AS selama Januari hingga April sebesar 110,55 miliar dolar AS.

Surplus perdagangan China dengan AS yang besar telah lama dikeluhkan Washington, dan menjadi pusat sengketa di antara kedua negara tersebut.

Tensi perdagangan antara Washington dan Beijing meningkat tajam bulan lalu ketika Presiden AS Donald Trump pada 10 Mei mengenakan tarif impor yang lebih tinggi hingga 25 persen terhadap barang-barang China senilai 200 miliar dolar AS.

Beijing membalas dengan menaikkan tarif impor terhadap barang-barang AS.

Washington juga mengancam untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi terhadap barang-barang China lainnya senilai 300 miliar dolar AS.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin pada Sabtu mengatakan akan membahas isu perdagangan dengan Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang, namun progres utama dalam perang dagang AS-China akan berlangsung nanti pada bulan ini saat pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping.

Di sela pertemuan KTT G20 di Jepang, Mnuchin mengatakan kepada awak media bahwa pertemuan kedua pemimpin tersebut merupakan “pertemuan penting berikutnya” dalam sengketa dagang.

Pihaknya menyamakan pertemuan tersebut, yang tidak dikonfirmasi oleh China, dengan pertemuan Trump dan Xi di Buenos Aires pada Desember lalu, yang membuka jalan perundingan untuk menyelesaikan isu tersebut.

Mnuchin menuturkan tidak ada tujuan khusus dalam pembahasannya pada Minggu dengan Yi, anggota inti tim negoisasi perdagangan China.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

sektor pariwisata

Devisa Sektor Pariwisata Ditargetkan Rp180 Triliun

DENPASAR-Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (10 Bali

Dorong Literasi dan Inklusi Asuransi, Ini Program Jitu BNI Life

JAKARTA-PT BNI Life berkomitmen untuk terus menginisiasi berbagai pengembangan produk