Mobil Listrik Diproduksi Massal 2020

Tuesday 30 Jul 2013, 8 : 55 pm
ilustrasi

JAKARTA-Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) mengungkapkan proses industrialisasi dan pengembangan mobil listrik secara massal membutuhkan waktu hingga 2020. “Untuk kesiapannya,  kita gunakan kategori 1-9 tahap. Artinya, dari segi hal kesiapan  sampai produksi , kita ingin kuasai,” kata Menristek, Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Selasa (30/7).

Lebih jauh kata Gusti, pengembangan industri mobil listrik menggunakan dengan mengategorikan secara bertahap. Saat ini proses perkembangan mobil dan bus listrik oleh produsen sudah memasuki tahap ketujuh, dan akan segara memasuki ke tahap kedelapan. “Tahap 1-3 masuk ke universitas, tahap 4-6 masuk ke litbang, dan tahap 7-9 sudah masuk ke industry,” terangnya.

Setelah fase-fase itu dilewati secara bertahap, kata Gusti, selanjut masuk pengujian. “Nanti kita juga lakukan pengujian lingkungan, kalau bisa diuji jalan sebenarnya, tidak hanya di dalam gedung,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, untuk kandungan komponen mobil listrik saat ini memang masih di impor. Tetapi, akan menggunakan komponen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga seluruhnya bisa dipasok dari dalam negeri. “Kita baru di level ketujuh, mau masuk kedelapan. Jadi level ketujuh itu pengujian di jalan sebenarnya. TKDN-nya bervariasi, ada yang 30 persen, ada yang 60 persen,”

Saat ini, pengujian masih dalam tahap ketujuh dan menuju tahap kedelapan, pihaknya menargetkan untuk memasuki tahap kesembilan  atau produksi mobil listrik secara nasional akan tercapai di 2020. “Ya memang masih lama tahap ketujuh tahun lagi. Kira-kira 2020,” pungkasnya. **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPW Desak Pemerintah Percepat Realisasi Bank Tanah

JAKARTA-Indonesia Property Watch (IPW) mendesak pemerintah untuk segera merealisasikan konsep bank tanah. Instrumen
THR

LPKR Catatkan Laba Bersih di 2023 Sebesar Rp50,14 Miliar

JAKARTA – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) sepanjang 2023 membukukan