Modjo: Ekonomi Jatim Tumbuh Tinggi

Friday 8 Mar 2013, 7 : 07 am
by

SURABAYA-Pengamat Ekonomi, Ikhsan Modjo mengklaim kondisi ekonomi Jawa Timur  dibawah kepemimpinan Gubernur Soekarwo mengalami peningkatan di berbagai sektor. Indikatornya terlihat dari angka pertumbuhan yang mencapai 7, 27 persen pada 2012. Angka ini sedikit lebih baik jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun 2011 yang hanya mencapai angka 7.22 persen. Angka ini juga lebih tinggi, jika dibandingkan pertumbuhan nasional yang tercatat hanya 6.23 persen saja.  “Ditengah perlambatan ekonomi global, ekonomi Jatim tercatat masih tumbuh stabil dan mengalami percepatan dibandingkan ekonomi kawasan Sumatera atau daerah lain si Jawa. Hal ini ditopang untuk kuatnya sektor industri dan permintaan masyarakat,” papar  Modjo di hadapan seluruh peserta acara Sarasehan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangkaian acara HUT PWI dan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur di Surabaya, Kamis (7/3).

Ikhsan Modjo juga Ketua Departemen Keuangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat tersebut, menjelaskan  pada 2012 Volatile Foods (inflasi pangan) mencatat penurunan besar, didukung tingginya upaya stabilitas harga pangan daerah : operasi pasar, subsidi biaya angkut, dan pengembangan pusat informasi harga. “Jawa Timur sekali lagi relatif termasuk sukses mengendalikan inflasi,” ujarnya seraya menambahkan bahwa selama Februari 2011, Agustus 2011, dan Februari 2012 Jatim memiliki angka pengangguran terendah di Jawa sebesar 4.91 persen, 4.25 perseen dan 4.18 persen. Baru pada Agustus 2011 Jawa Tengah yang memegang rekor terendah pengangguran di Jawa dengan angka 3.97 persen sementara Jatim 4.16 persen.

“Selama 8 tahun terakhir, kecuali di tahun 2007, pertumbuhan ekonomi di Jatim cenderung lebih tinggi dari rata-rata nasional. Demikian pula, bila ekonomi nasional mulai mengalami perlambatan di tahun 2012, ekonomi Jatim terus meningkat,” paparnya.

Bahkan, di bidang penyaluran kredit UMKM, Jatim mencapai angka Rp 68.53 triliun di tahun 2012 atau meningkat 9.93 persen. Kredit UMKM di dominasi Bank Pemerintah mencapai 53.86 persen (Rp 37 triliun), Bank Swasta 43.53 persen (Rp 29.83 triliun), dan asing 1.58 persen (Rp 1 triliun).

Usai memaparkan segudang prestasi yang dicapai dibawah kepemimpinan Soekarwo, tak lupa Ikhsan mengingatkan warga Jatim agar prestasi-prestasi tersebut dapat dilanjutkan dengan kembali mensukseskan pemilihan gubernur Jatim, Agustus mendatang.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IWO Hadiri ASEAN Media Forum

SINGAPURA- Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) berpartisipasi di

BI Berkomitmen Larang Penerimaan Gratifikasi

JAKARTA-Dewan Gubernur dan seluruh pegawai Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk