MP3EI Bisa Minimalkan Ketimpangan Pembangunan

Jumat 14 Feb 2014, 8 : 35 pm

JAKARTA-Proyek infrastruktur dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dapat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah ketimpangan antar wilayah.

“Infrastruktur publik akan membantu mengurangi ketimpangan antar wilayah. MP3EI itu sudah tepat, tapi hasilnya tidak bisa sekarang,” kata Menteri Keuangan Chatib Basri di Jakarta, Jumat, (14/2).

Chatib menjelaskan keberadaan infrastruktur sangat penting karena ketiadaan sarana pendukung yang memadai dapat meningkatkan ketimpangan antar wilayah, padahal Indonesia memiliki potensi berupa sumber daya alam, yang bermanfaat dalam mendukung perekonomian nasional. “Kita bisa melihat contoh dari Afrika yang memiliki sumber daya alam luar biasa, tapi Afrika bukan negara maju. Maka infrastruktur dasarnya harus dibangun, pada `human capital`, MP3EI itu sudah benar,” katanya.

Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menambahkan solusi lain untuk mengatasi masalah ketimpangan adalah dengan memperbaiki pelayanan publik di daerah tertinggal melalui peningkatan standar pelayanan nasional. “Daerah tertinggal itu sudah harus bisa menjalankan pelayanan nasional dalam kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dasar. Lebih baik pendekatannya seperti itu, karena lebih sehat secara ekonomi, jadi kita bisa mengurangi ketimpangan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

PNS Terpidana Korupsi Harus Diberhentikan Dengan Tidak Hormat

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar Pegawai Negeri
Di dalam hukum pidana, perbuatan memasukan keterangan tidak benar ke dalam suatu Perjanjian atau Dokumen atau Akta Otentik, dikualifikasi sebagai tindak pidana

Lembaga Peradilan Menjadi Momok Menakutkan

Oleh: Petrus Selestinus Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pontianak, Kalimantan Barat,